Tips Membuat Bakso Enak dan Kenyal

Kalau selama ini saya selalu membagikan resep untuk sobat bloger tercinta, kali ini saya ingin membagikan tips atau cara atau langkah-langkah kerja (udah kayak penelitian ilmiah aja, hehehe)-membuat bakso yang enak dan tentu saja kenyal serta bergizi pastinya. Disimak yah sobat bloger, disimak dengan baik dan benar.

Caranya atau langkah-langkahnya:

1. Pemilihan daging
Hal yang paling pertama yang harus sobat bloger perhatikan adalah pemilihan daging, kenapa begitu? karena daginglah yang menjadi bahan utama untuk membuat bakso. Sebaiknya sobat bloger memilih daging yang segar, bahkan kalau bisa daging yang digunakan adalah daging yang baru saja dipotong. Karena daging hewan yang baru saja dipotong, memiliki tekstur otot yang masih keras, sehingga akan menghasilkan bakso yang kenyal nantinya.

2. Tingkat kehalusan adonan daging
Menggiling daging, harus betul-betul sampai halus untuk memperoleh bakso yang lembut nantinya. Terkecuali, jika sobat bloger hendak membuat bakso urat, bolehlah adonan daging tidak perlu halus, bahkan disarankan agak kasar agar bakso urat yang ada nantinya terlihat bergerindil.

3. Ukuran perbandingan adonan daging dengan kanji
Biasanya ukuran perbandingan campuran antara adonan daging halus dengan kanji adalah 2:1 artinya 2 bagian daging halus dan 1 bagian kanji. Namun, ukuran ini sebenarnya tidaklah mutlak. Karena pada akhirnya yang menentukannya adalah selera sobat bloger sendiri. Jika sobat bloger menyukai bakso yang lembut, saya sarankan takaran kanjinya dikurangi atau bisa juga dengan menambahkan beberapa sendok makan air dingin.

Itulah beberapa tips dari saya, jika sobat bloger sempat, sempatkanlah membuat bakso yang enak, lembut serta tentu saja sehat untuk keluarga tercinta.

kompas musafir
(Sumber foto: resephariini.com)

0 comments