Resep Puding Kelinci Rasa Dawet

Untuk wilayah bagian barat Indonesia sekarang sedang dikepung asap dari pembakaran hutan di Provinsi Riau, makanya anak-anak pada diliburkan, tidak boleh keluar rumah jika tidak terlalu penting, kalau pun terpaksa harus menggunakan masker. Anak-anak kan paling malas jika disuruh menggunakan masker. Apalagi jika mereka ingin jajan di luar. Makanya untuk mensiasati itu, saya buatkan mereka puding tapi saya cetak menyerupai kelinci, agar mereka betah di rumah, kalau sobat bloger berminat lihat saja resepnya.

Bahan pudingnya:

1 bungkus agar-agar putih
700 ml santan kental
150 gr gula pasir
2 lembar daun pandan
½ sdt garam

Bahan dawetnya:125 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
75 ml air suji dan daun pandan
550 ml air
½ sdt garam
1 sdm air kapur sirih

Hiasannya (berupa rumput):1 bungkus agar-agar putih
100 gr gula pasir
500 ml air
Pewarna hijau secukupnya

Cara membuatnya:1. Buat dawetnya: campurkan tepung beras dan tepung sagu dengan sebagian air. Sisihkan.

2. Masak sisa air dengan air kapur sirih, air daun suji dan garam. Aduk rata. Masukkan tepung yang telah dicairkan tadi kemudian aduk rata sampai kalis. Angkat.

3. Siapkan saringan dawet, air es dalam baskom. Tuang adonan ke dalam saringan dawet, buat dawet dengan cara menekan-nekan adonan. Sisihkan dawetnya.

4. Buat pudingnya: campurkan santan gula pasir , dan daun pandan, aduk rata sampai mendidih, lalu angkat.

5. Sambil diaduk masukkan dawet. Aduk rata. Siapkan cetakan berbentuk kelinci yang terlebih dahulu dibasahi dengan air. Tuang adonan agar-agar ke dalam cetakan. Dinginkan.

6. Buat hiasannya: masak air dengan agar-agar, gula pasir dan beri pewarna hijau. Aduk rata masak hingga mendidih kemudian angkat. Tuangkan ke dalam Loyang, dinginkan kemudian parut panjang-panjang dengan menggunakan parutan keju.

7. Tata puding kelinci di atas piring saji panjang. Taruh agar-agar hijau di sekelilingnya. Siap disajikan.

kompas musafir

0 comments