Cara Membuat Bubuk Kari Rumahan

Saya kadang penasaran dengan bubuk ajaib yang satu ini, kalau iklan mie di tv, pakai bubuk ini kayaknya enaak sekali, namanya bubuk kari. Banyak seh yang siap pakai dijual di pasar, tetapi sebagai bunda yang baik untuk anak dan istri yang tidak malas untuk suami, saya berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan resep untuk membuatnya sendiri. Akhirnya setelah melalui perjuangan yang panjang dan melelahkan karena harus merayu dan menggombal mama mertua supaya dikasi resepnya, taadaaaa inilah resep kuno itu heheheh. agak berat seh membagikan resep ini, karena perjuangan tadi, tapi sudahlah saya kan juga mau sobat bloger tambah disayang keluarga karena jago masak seperti saya ini hehehe. Saya tidak jago masak kok sobat bloger, cuma jago makan dan nulis resep. Silahkan dilihat resepnya.

Bahannya:
5 biji bunga lawang atau pekak (bumbu yang bentuknya seperti bunga atau bintang, warnanya coklat tua)
3 sendok teh jintan
10 cm kayu manis
5 sendok teh ketumbar
1/2 buah biji pala
1/2 sendok teh bunga cengkeh

Cara Membuatnya:
Haluskan semua bahan hingga benar-benar halus, kemudian campur dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat. Bahan-bahan di atas dapat menghasilkan 1,5 sendok makan bubuk kari.


kompas musafir
(Sumber foto: satekabayan.com)

0 comments