Resep Perkedel Ikan Tenggiri

Asyiiikkkk dapat kiriman ikan tenggiri dari mertua. Sudah terbayang mau dimasak apa ikan enak ini, dibuat perkedel aja. biar nda bosan, yang pastinya anak dan suami akan senang dan makan enak malam ini. Sobat bloger yang mau resep ini silahkan aja, nda usah malu-malu kayak kucing mau curi ikan gitu heheheh.. Saya kan orangnya baik hati.

Bahannya:

500 gram tenggiri, giling halus
1 buah wortel, serut halus
2 tangkai daun bawang, Rajang halus
2 butir telur
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok makan ketumbar
Garam secukupnya
Cabe keriting sesuai selera
2 butir telur ayam untuk celupan

Cara Membuatnya:


1. Haluskan ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam dan cabe. Campur dengan ikan dan wortel. Aduk rata.
2. Bentuk bulat memanjang lalu celupkan dalam kocokan telur. Goreng hingga matang.

kompas musafir


Resep Bakwan Sosis Tahu

Besok pagi tuh, rencananya mau makan gorengan aja sebagai pengganjal perut sambil menunggu si Bude' sayur datang. Apa yah gorengan yang enak dan tetap sehat?. Di kulkas cuma ada tahu, taoge, sedikit daun bawang, telur juga ada tuh. Buat bakwan ah! tapi bakwannya pakai sosis, makanya malam ini berburu sosis dulu di lapau depan rumah. Sobat bloger mau juga? penasaran yah!! karena saya tuh pada dasarnya tidak pelit membagikan resep, jadi saya bagikan juga dah untuk sobat bloger sekalian. Yang pastinya si kecil suka karena pakai sosis dan ingat yah sobat bloger jangan jangan jangan malas memasak.

Bahannya:

15 buah sosis, kerat-kerat
450 gram tahu putih, potong dadu kecil
50 gr taoge, siangi akarnya
1 tangkai daun bawang, iris halus
100 gram tepung terigu
4 butir telur
Garam dan merica secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Saus Kecap:

4 sendok makan kecap manis
6 buah cabe rawit, iris kasar
1 sendok makan bawang goreng
1 tangkai daun seledri, iris halus

Cara Membuatnya:

1. Campur tahu dengan taoge, terigu, daun bawang dan telur. Bubuhi garam dan merica. Aduk rata. Cicipi dan sesuaikan rasa.
2. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Goreng adonan bakwan sebanyak 1 sendok sayur. Letakkan sosis di tengahnya. Goreng sampai matang.
3. Buat saus kecap: campur semua bahan. Aduk rata.
4. Hidangkan bakwan sosis dengan saus kecap.

kompas musafir


Resep Sate Udang Saus Tiram

kompas musafir


Hmmmm,,, masak apa yah hari ini?.. Buka kulkas, ketemu sama tuan dan nyonya Udang. Diapakan yah enaknya?? goreng tepung? bosan. dimasak sambal, sudah biasa!. Akhirnya buka-buka resep yang lama tersimpan di ingatan, ketemu deh resep yang satu ini, Udangnya kita buat sate, SATE? iya sate, sudahlah enak, gampang pula cara membuatnya. Kalau sobat bloger nda percaya, cobalah sendiri di rumah masing-masing heheheh. Ini resepnya, dan jangan malas memasak yah untuk keluarga tercinta seperti diriku ini hehehe. yuk marrriii kita sate mensate.

Bahannya:

500 gram udang yang sedang besarnya, kerat punggungnya

1 sendok makan kecap manis

1 sendok makan saus tiram

1 sendok makan saus tomat

1 sendok makan kecap ikan

2 sendok makan air jeruk

Garam secukupnya

Cara Membuatnya:


1. Lumuri udang dengan campuran kecap, saus, air jeruk dan garam. Diamkan dalam lemari es selama kurang lebih satu jam agar bumbu meresap dan pastinya tambah enaakkkk.

2. Kemudian, keluarkan dan bakar sampai matang dengan sesekali diolesi bumbu sisa.





Resep Pangsit Pengantin

kompas musafir

Kalau ada sobat bloger yang ingin menikah, saran saya sebaiknya terlebih dahulu memasak menu yang satu ini, kalau pernikahannya mau langgeng, wajib kudu harus makan masakanan ini, kenapa begitu? karena namanya aja Pangsit Pengantin! hehehhe becanda kok, nda seekstrim itu kok. Silahkan dicoba memasaknya. 

Bahan-bahannya:

2 liter kaldu ayam

2 siung bawang putih, haluskan

2 buah magi blok

Garam dan merica secukupnya

Pelengkapnya:


2 buah wortel, iris bulat tipis

5 buah jamur kuping, rendam dan potong-potong

5 lembar daun kol, buang tulang daunnya, kemudian iris halus

2 tangkai daun bawang, iris halus

20 buah pangsit ayam siap pakai, goreng matang

Bihun, rendam air panas, tiriskan dan sisihkan

Cara Membuatnya:


1. Rebus kaldu bersama bawang putih, maggi, garam, dan merica sampai mendidih. Sisihkan.

2. Rebus wortel dalam air yang telah dibubuhi dengan sedikit gula. Lakukan hal yang sama pada kol.

3. Cara penyajian: siapkan mangkok saji, susun: 2 sendok makan wortel, 2 sendok makan kol, 3 iris jamur, 2 buah pangsit, bihun. Siram dengan kuah panas.




Resep Roti Isi Pisang

Jangan cuma rajin buat gorengan yah sobat bloger, sekali-kali membuat kue untuk keluarga juga tidak apa-apa, tidak ada yang melarang kok!. Sebagai sobat yang baik, saya mau bagikan nih kue sehat untuk sobat bloger, Kue Isi Pisang. Jangan malas memasak untuk keluarga yah!

Bahan:
500 gram tepung terigu

2 butir telur ayam (1 untuk adonan dan 1 lagi untuk olesan)

3 sendok makan mentega

2 sendok makan fermifan, campur dengan 200 ml air

2 sendok makan gula pasir

½ sendok makan garam

Isi:


1 sisir pisang raja, kukus dan potong memanjang menjadi 2 bagian

Pelengkap:

Keju parut secukupnya

Cara membuat:

Campur tepung terigu, mentega dan 1 butir telur ayam. Tambahkan garam dan gula, aduk rata. Olesi dengan larutan fermipan, uleni sampai kalis. Diamkan dalam baskom yang ditutupi dengan kain basah selama 1 jam atau sampai mengembang. Buang gasnya, ambil 50 gr adonan dan gilas sampai tipis. Ambil satu potongan pisang, tutup pisang dengan adonan yang telah digilas tadi (buat berlapis-lapis). Olesi dengan kuning telur dan beri sedikit parutan keju. Lakukan hingga adonan dan pisang habis. Biarkan beberapa saat hingga mengembang. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu sampai mengembang dan matang. Angkat.

kompas musafir
(Sumber foto: masakenaksehari.blogspot.com )

Resep Bakwan Tahu

Emang dasar pecinta bakwan, mau nda mau postingan kali ini bakwan lagi. Eitss jangan langsung bosan yah, bakwan ini tidak kalah enak kok dari bakwan cumi. Bahan dasarnya memakai tahu, selain enak juga sehat tentunya. Biasakanlah masak untuk keluarga! jangan malas-malas yah. hehehhe

Bahan:

200 gram tahu cina, rebus sebentar, potong dadu kecil

100 gram taoge, siangi

100 gram kol, iris halus

1 tangkai daun bawang, iris halus

150 gram tepung terigu

200 cc air

Bumbu halus:

10 gram ebi, rendam dalam air panas

1 sendok the ketumbar, sangrai

6 butir bawang merah

Garam dan merica secukupnya

Minyak goreng

Cara membuat:

1. Campur tahu dengan taoge, kol, daun bawang, tepung terigu, ebi, bawang merah dan ketumbar. Aduk rata. Tambahkan air, garam, dan merica. Aduk rata.

2. Bentuk sesuai selera, goreng sampai matang.

kompas musafir
(Sumber foto: resep-kuliner99.blogspot.com)

Resep Bakwan Cumi Bumbu Kunyit

Bagi sobat bloger yang suka makan bakwan, jangan makan bakwan yang bahannya sudah biasa seperti kol, wortel. Cobalah sekali-kali membuat bakwan dengan tambahan bahan Cumi. Dijamin tambah di sayang suami dan anak-anak. Kalau yang belum berkeluarga, tambah disayang orang tua lah hehehe. Atau yang lagi mau pedekate nih, sama calob mertua atau sama siapa lah, coba saja buatkan bakwan ini, tapi jangan lupa tambahkan bumbu rasa cinta heheheh.

Siapkan bahannya yah!

Bahan:

150 gram cumi, potong bulat tipis

3 sendok makan tepung terigu

3 lembar daun mangkokan, iris halus

Garam secukupnya

Bumbu halus:

4 butir bawang merah

1 siung bawang putih

½ sendok teh ketumbar

2 buah cabai merah

2 cm kunyit

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

1. Aduk cumi dengan tepung terigu, daun mangkokan, dan garam.

2. Masukkan bumbu halus. Aduk rata.

3. Sendok sedikit demi sedikit lalu goreng sampai kering dan matang.

kompas musafir