Sate Daging Jepit

Sate Daging Jepit
Sate tidak saja merupakan penganan favorit dihari lebaran, namun sate juga bisa dimanfaatkan sebagai usaha sampingan keluarga, hal ini banyak dijumpai di sumatera dan jawa, di sumatera khususnya di sumatera barat sate ini banyak ragamnya, mulai dari sate dagung-dangung lima puluh kota, sate pariaman dan sate padang.

Semua bahan sate tersebut dibuat dari daging, baik itu daging sapi atau daging ayam, sate yang bikinan orang sumatera barat terkenal dengan kuahnya yang nikmat, meski tidak semuanya sate memiliki kuah yang banyak, berikut kita coba bahas cara membuat sate daging jepit, dengan kuah yang super lezat dan nikmat.

Bahan ;

600 gram daging tanpa lemak 

2 lembar daun salam

1 sendok tea garam

800 ml air kelapa

150 ml santan sedang kentalnya

1 sendok makan gula merah

Garam dan minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

2 siung bawang putih

3 butir bawang merah

1 sendok makan ketumbar, disangan

½ sendok tea jintan, disangan

3 cm lengkuas

2 butir mata asam

Cara membuatnya ;

Rebus daging dengan air kelapa, daun salam dan garam hingga empuk dengan api kecil, kemudian angkat dan dinginkan, setelah itu potong sejajar dengan serat, ukuran 4 x 6 cm, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, beri 50 ml air sisa rebusan daging dan santan. Masukkan daging, kecilkan api dan masak hingga kuah mengental, lalu angkat.

Memarkan daging dengan cara dipukul-pukul, kemudian dijepit dengan bamboo, setelah itu bakar hingga matang, sambil sesekali dioles dengan bumbu. 

Jika anda ingin berkreasi tanpa menggunakan daging, daging bisa juga anda ganti dengan tempe, nah cukup mudah bukan membuatnya, selamat mencoba.

0 comments