Pensi Cemilan Kampung Orang Padang

Pensi Cemilan Kampung Orang Padang
Panganan yang satu ini termasuk unik, umumnya dijual di pasar-pasar tradisional Sumatera barat, sekali mencoba biasanya orang akan ketagihan, namanya pensi, makanan khas kampung orang padang.

Pensi merupakan perpaduan masakan kerang sungai dengan bumbu-bumbu tradisional, ukuran kerang kecil-kecil dan biasanya banyak terdapat di sungai-sungai, biasanya anak-anak kampung pedalaman minang sering berlomba mencari kerang kecil ini disungai, rasanya yang nikmat ketika dimasak dengan bumbu.

Jika anda ingin membuat panganan pensi ini, tentunya anda harus sedikit berjuang mencari kerang-kerang kecil di tepian sungai, karena itu sulit untuk membuat panganan pensi ini di kota-kota, nah bagi anda yang ingin mencoba membuat panganan yang satu ini, berikut kita coba bahas cara membuatnya.

1. Siapkan pensi secukupnya

2. Siapkan bumbu-bumbunya, yang terdiri dari ; daun sup, daun saledri, bawang putih.

3. Tepung terigu secukupnya

4. Garam halus

5. Daun kunyit secukupnya

6. Jeruk nipis

7. Cabe agak dua buah

Cara membuatnya.

1. Rebus pensi dalam wajan, sambil dicampur dengan garam dan perasan jeruk nipis secukupnya, kemudian biarkan dingin sebentar.

2. Iris daun sup, daun saledri dan bawang putih, kemudian aduk dengan garam halus

3. Giling cabe dan daun kunyit, kemudian teteskan jeruk nipis

4. Rebus tepung terigu dengan air secukupnya, kemudian setelah mendidih masukkan semua bumbu-bumbu yang sudah digiling, kemudian sambil diaduk masukkan cabe yang sudah digiling dengan daun kunyit, aduk sampai rata sampai bumbu-bumbu terlihat kental.

5. Dalam keadaan air masih hangat, masukkan pensi yang sudah direbus tadi, sambil diaduk-aduk sampai rata.

6. Setelah semuanya beres sekarang pensi tinggal disantap.



0 comments