Resep Ayam Bungkus Mie

Pusingkan kalau anak-anak malas makan nasi? Alhamdulillah anak saya tidak seperti itu. Bagi sobat bloger yang kehabisan akal untuk membuat anak semangat makan, berikut saya bagikan resep ayam bungkus mie. coba saja di rumah, anak sobat bloger pasti jadi semangat makannya.

Bahannya:

2 bungkus mie telur
500 gram daging tanpa tulang
1 sdt garam
1 buah jeruk nipis
6 putih telur

Saus Tomatnya:

7 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
1 iris jahe
1 iris lengkuas
1 batang serai, memarkan
4 buah tomat, parut halus
garam
1 sdt tepung kanji, campur dengan 80 ml air
1 buah jeruk nipis, ambil airnya

Cara membuatnya:

1.  Rendam mie ayam dalam air selama 5 menit, kemudian kukus selama 10 menit.

2.  Potong memanjang ayam kurang lebih 10 cm. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Sisihkan.

3.  Ambil 10 utas mie ayam kemudian lilitkan pada potongan ayam sampai tertutupi semua. Lakukan sampai potongan ayam dan mie habis.

4.  Beri garam sedikit pada putih telur. Kocok sebentar sampai rata. Celupkan gulungan mie ayam kemudian goreng sampai matang.

5.  Buat saus tomat: Giling halus bawang putih, cabe rawit, jahe dan lengkuas kemudian tumis sampai harum. Kecuali jeruk nipis, masukkan bahan lainnya. Aduk sampai mengental kemudian angkat dan dinginkan, setelah itu perasi jeruk nipis.

6.  Sajikan ayam bungkus mie dengan saus tomatnya.

kompas musafir


Resep Tumis Brokoli Udang Siram Makaroni

Si kecil sedang semangat-semangatnya makan sayur terutama sayur Brokoli, salah satu sayur kesukaannya. Senang rasanya melihat dia makan dengan lahap. Nah supaya tidak bosan dengan cara masak yang itu-itu saja, kali ini sayur brokolinya saya padukan dengan udang dan makaroni. Itung-itung memperkenalkan dia dengan udang. Kalau sobat bloger ingin anaknya seperti anak saya, silahkan saja lihat resepnya.

Bahannya:

2 buah brokoli, potong sesuai selera
100 gram udang tanpa kulit
25 gram makaroni kecil, rebus sampai lunak kemudian tiriskan
1 buah bawang bombay, iris kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sendok makan kecap ikan
garam

Cara membuatnya:

1.  Tumis bawang sampai mengeluarkan aroma wangi, kemudian masukkan udang, aduk rata dan tumis sampai udang berubah warna.

2.  Masukkan brokoli, tumis sampai layu. Tambahkan makaroni, kecap ikan dan garam. Aduk rata, sesuaikan rasa. Masak sampai matang kemudian angkat dan pindahkan ke piring saji. Sajikan dengan nasi hangat.

kompas musafir


Resep Kroket Ikan Sayur

Kalau kemarin saya sudah bagikan resep kroket ikan tempe untuk sobat bloger sekalian, maka kali ini saya mau bagikan kroket ikan sayur. Cara hampir sama, cuma untuk resep yang ini butuh sedikit kesabaran. Tapi rasa sabar sobat bloger akan berbuah manis karena selain enak, pujian dari keluarga juga akan datang.

Bahannya:

300 gram ikan tenggiri, tanpa tulang dan kulit, cincang halus
100 gram tahu, haluskan
100 gram daun bayam, iris halus
100 gram wortel, iris halus
50 gram bawang bombay, cincang halus
3 butir telur
garam secukupnya

Panirannya:

telur
tepung roti

Cara membuatnya:

1. Campurkan ikan dengan tahu, bayam, wortel, bawang, telur, dan garam. Aduk rata. Sesuaikan rasa.

2. Tuang adonan ke dalam cetakan segitiga. Kukus sampai matang selama kurang lebih 30 menit.

3. Kelurkan dari cetakan. Biarkan sampai dingin. Potong-potong tipis sesuai selera.

4. Celupkan potongan kroket ke dalam telur, gulingkan ke dalam tepung roti. Ulang kembali dengan mencelupkan ke dalam telur dan menggulingkannya ke dalam tepung roti. Goreng sampai matang berwarna kuning kecoklatan.


kompas muasafir



Resep Kroket Wortel

Yuk sobat bloger kita buat kroket wortel, selain enak tentu saja gizinya banyak karena terbuat dari sayur-sayuran serta udang yang bernilai gizi tinggi. Dan bentuknya yang lucu mirip wortel akan menambah semangat makan anak-anak. Silahkan dicoba di rumah masing-masing.

Bahannya:

2 batang wortel yang sedang besarnya
4 batang buncis
10 lembar daun bayam
2 buah kentang, kukus dan lumatkan
5 sendok makan udang yang telah digiling/dicincang
tepung roti secukupnya
2 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur ayam, kocok lepas
garam secukupnya

Cara membuatnya:

\1. Cincang halus wortel, buncis dan bayam. Tambahkan kentang lumat. Aduk rata.

2. Tambahkan udang giling, bawang putih dan garam. Aduk rata dan sesuaikan rasa.

3. Ambil 1 sendok adonan, dipulung dan dibentuk menyerupai wortel. Celupkan ke dalam telur dan gulingkan ke dalam tepung roti sampai semua bagian tertutupi.

4. Goreng dalam minyak yang banyak sampai matang, kemudian angkat dan tiriskan. Buat hiasannya dengan menancapkan daun seledri di bagian atasnya, sajikan dengan sambal saus.


kompas musafir


Resep Kroket Ikan Tempe

Tempe memang enak, direndam dengan garam dan bawang putih terus digoreng, sudah enak apalagi jika dibuat variasi masakan lain, rasanya pasti tambah enak. Coba saja resep yang satu ini sobat bloger, Tempe dipadukan dengan Ikan kemudian dibuat kroket atau perkedel, rasanya semakin menambah semangat makan. Semangat makan, maju terus sampai habis.

Bahannya:
100 gram tempe, kukus, haluskan
50 gram udang, kupas kulitnya, lalu giling halus
100 gram ikan tongkol, tanpa tulang dan kulit, goreng matang
50 gram keju parut
1 tangkai daun bawang, iris halus
25 gram bawang putih, cincang halus
25 gram bawang merah, cincang halus
3 kuning telur
garam sesuai selera

Panirannya:

1 butir telur, ditambah dengan 3 putih telur yang telah diambil kuningnya di atas
tepung roti

Cara membuatnya:

1. Campurkan tempe dengan udang, ikan, keju, daun bawang dan bawang merah serta bawang putih. Aduk rata.

2. Tambahkan kuning telur dan garam. Aduk rata. Ambil adonan 2 sendok makan, bentuk sesuai selera.

3. Celupkan ke telur, gulingkan ke tepung roti, kemudian celupkan lagi ke dalam telur dan terakhir gulingkan kembali ke tepung roti.

4. Goreng sampai matang dengan warna kuning kecoklatan.


kompas musafir




Resep Kroket Pisang Barangan Enak

Akibat musim kemarau yang berkepanjangan ini, air sumur kami berkurang dengan drastis, makanya kami harus menggali lebih dalam lagi. Nah, supaya bapak-bapak tukang gali sumur lebih semangat kerjanya, saya buatkan aja kroket pisang sebagai cemilannya. Sobat bloger mau resepnya juga? silahkan dicoba.

Bahannya:

10 lembar roti tawar
5 buah pisang barangan, belah 2 memanjang
5 lembar keju lembaran, potong 4 memanjang

Celupannya:

2 putih telur
100 gram tepung roti
minyak untuk menggoreng

Cara Membuatnya:

1. Ambillah selembar roti tawar, letakkan 1 potong pisang di atasnya, letakkan lagi 2 lembar keju diatas pisang tadi. Gulung  roti. Rekatkan dengan putih telur.

2. Celupkan ke putih telur, gulingkan ke tepung panir, sampai tertutup rata. Goreng sampai berwarna kecoklatan. Siap dihidangkan.

kompas musafir



Resep Rujak Pepaya Mangga

Siang yang terik sangat mendukung untuk saya berbagi resep rujak segar, enak, bergizi serta halal dan nikmat pastinya, pada ngiler kan sobat bloger. Makanya coba saja membuatnya, caranya sangat mudah.

Bahannya:

300 gr papaya mengkal, kupas, bilas sampai bersih kemudian potong sesuai selera

2 buah mangga mengkal, kupas, bilas sampai bersih kemudian potong sesuai selera (sebaiknya terlebih dahulu di rendam dengan air gula semalaman)

Kuahnya:

5 buah cabe merah keriting, haluskan
150 gr gula pasir
2 sendok makan air asam
150 ml air
Garam sesuai selera

Cara membuatnya:

1. Buah kuahnya terlebih dahulu dengan cara: campurkan cabe dengan gula pasir, air asam, air dan garam. Rebus sampai mendidih, angkat kemudian dinginkan.

2. Campur mangga, papaya dan kuahnya. Diamkan sampai bumbu meresap kurang lebih selama 1 jam. Setelah itu siap dihidangkan.

kompas musafir


Resep Puding Kelinci Rasa Dawet

Untuk wilayah bagian barat Indonesia sekarang sedang dikepung asap dari pembakaran hutan di Provinsi Riau, makanya anak-anak pada diliburkan, tidak boleh keluar rumah jika tidak terlalu penting, kalau pun terpaksa harus menggunakan masker. Anak-anak kan paling malas jika disuruh menggunakan masker. Apalagi jika mereka ingin jajan di luar. Makanya untuk mensiasati itu, saya buatkan mereka puding tapi saya cetak menyerupai kelinci, agar mereka betah di rumah, kalau sobat bloger berminat lihat saja resepnya.

Bahan pudingnya:

1 bungkus agar-agar putih
700 ml santan kental
150 gr gula pasir
2 lembar daun pandan
½ sdt garam

Bahan dawetnya:125 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
75 ml air suji dan daun pandan
550 ml air
½ sdt garam
1 sdm air kapur sirih

Hiasannya (berupa rumput):1 bungkus agar-agar putih
100 gr gula pasir
500 ml air
Pewarna hijau secukupnya

Cara membuatnya:1. Buat dawetnya: campurkan tepung beras dan tepung sagu dengan sebagian air. Sisihkan.

2. Masak sisa air dengan air kapur sirih, air daun suji dan garam. Aduk rata. Masukkan tepung yang telah dicairkan tadi kemudian aduk rata sampai kalis. Angkat.

3. Siapkan saringan dawet, air es dalam baskom. Tuang adonan ke dalam saringan dawet, buat dawet dengan cara menekan-nekan adonan. Sisihkan dawetnya.

4. Buat pudingnya: campurkan santan gula pasir , dan daun pandan, aduk rata sampai mendidih, lalu angkat.

5. Sambil diaduk masukkan dawet. Aduk rata. Siapkan cetakan berbentuk kelinci yang terlebih dahulu dibasahi dengan air. Tuang adonan agar-agar ke dalam cetakan. Dinginkan.

6. Buat hiasannya: masak air dengan agar-agar, gula pasir dan beri pewarna hijau. Aduk rata masak hingga mendidih kemudian angkat. Tuangkan ke dalam Loyang, dinginkan kemudian parut panjang-panjang dengan menggunakan parutan keju.

7. Tata puding kelinci di atas piring saji panjang. Taruh agar-agar hijau di sekelilingnya. Siap disajikan.

kompas musafir


Resep Kroket Ikan Campur Sayur

Sudah lama tidak memposting resep kroket, maka kali ini saya membagikan resep kroket untuk sobat bloger sekalian. Kalau dilihat dari bahannya, kayaknya bergizi sih karena terdiri dari campuran antara ikan dan sayur-sayuran aneka jenis. Sobat bloger tidak percaya? silahkan saja dilihat resepnya.

Bahannya:

750 g kentang, dikukus dan haluskan
100 g daun bayam, rebus lalu dipotong kasar
50 g wortel, dipotong dadu lalu direbus
50 g jagung manis, dipipil dan direbus
50 g buncis, dipotong pendek-pendek, kemudian rebus
300 g ikan kakap dipotong dadu, perasi dengan air jeruk nipis
3 siung bawang putih halus
2 sendok makan mentega
Garam secukupnya
50 g Tepung panir
2 putih telur kocok lepas

Cara membuatnya:

1. Tumis bawang putih sampai wangi, masukkan ikan. Aduk dan masak sampai matang. Angkat.

2. Aduk rata kentang, sayur-sayuran, ikan dan bumbu lainnya. Aduk sampai rata. Bentuk bulat memanjang.

3. Gulingkan pada tepung panir. Celupkan ke kocokan telur kemudian gulingkan kembali ke dalam tepung panir. Goreng hingga kecoklatan.

4. Hidangkan dengan saus cabe atau cabe rawit.

kompas musafir


Resep Nasi Kurma Tumis Minyak Zaitun

Hmmmmm, mau ngomong apa yah sebagai pengantar resep saya kali ini. Kadang saya kehabisan bahan cerita untuk sobat bloger, tapi resep masakan yang enak-enak, mudah dan sehat tentu saja tidak ada habisnya, seperti yang satu ini. Mungkin sobat bloger tau minyak zaitun kan, minyak yang dapat digunakan sebagai campuran masker wajah, tapi jarang yang tau kalau minyak zaitun dapat juga digunakan menumis atau menggoreng seperti resep saya ini nasi kurma tumis minyak zaitun.

Bahannya:
130 ml minyak zaitun
1 buah bawang bombai, diiris halus
100 gr beras ketan, dicuci kemudian dikukus hingga matang
500 gr beras, dicuci bersih
700 ml air
50 gr buah kurma tanpa biji, dipotong dadu kecil-kecil

Haluskan:

5 cm kunyit
3 buah cabe merah
Garam secukupnya

Cara membuatnya:
Tumis bawang Bombay dan bumbu halus sampai harum dan layu. Tambahkan ketan dan beras. Aduk rata. Kemudian tuang air, tambahkan buah kurma dan garam. Aduk rata sampai nasi beras menjadi aron. Angkat dan masukkan ke dalam dandang untuk selanjutnya dikukus sampai matang.

kompas musafir


Tips Membuat Bakso Enak dan Kenyal

Kalau selama ini saya selalu membagikan resep untuk sobat bloger tercinta, kali ini saya ingin membagikan tips atau cara atau langkah-langkah kerja (udah kayak penelitian ilmiah aja, hehehe)-membuat bakso yang enak dan tentu saja kenyal serta bergizi pastinya. Disimak yah sobat bloger, disimak dengan baik dan benar.

Caranya atau langkah-langkahnya:

1. Pemilihan daging
Hal yang paling pertama yang harus sobat bloger perhatikan adalah pemilihan daging, kenapa begitu? karena daginglah yang menjadi bahan utama untuk membuat bakso. Sebaiknya sobat bloger memilih daging yang segar, bahkan kalau bisa daging yang digunakan adalah daging yang baru saja dipotong. Karena daging hewan yang baru saja dipotong, memiliki tekstur otot yang masih keras, sehingga akan menghasilkan bakso yang kenyal nantinya.

2. Tingkat kehalusan adonan daging
Menggiling daging, harus betul-betul sampai halus untuk memperoleh bakso yang lembut nantinya. Terkecuali, jika sobat bloger hendak membuat bakso urat, bolehlah adonan daging tidak perlu halus, bahkan disarankan agak kasar agar bakso urat yang ada nantinya terlihat bergerindil.

3. Ukuran perbandingan adonan daging dengan kanji
Biasanya ukuran perbandingan campuran antara adonan daging halus dengan kanji adalah 2:1 artinya 2 bagian daging halus dan 1 bagian kanji. Namun, ukuran ini sebenarnya tidaklah mutlak. Karena pada akhirnya yang menentukannya adalah selera sobat bloger sendiri. Jika sobat bloger menyukai bakso yang lembut, saya sarankan takaran kanjinya dikurangi atau bisa juga dengan menambahkan beberapa sendok makan air dingin.

Itulah beberapa tips dari saya, jika sobat bloger sempat, sempatkanlah membuat bakso yang enak, lembut serta tentu saja sehat untuk keluarga tercinta.

kompas musafir
(Sumber foto: resephariini.com)


Resep Nasi Cetak Sambal Udang

Anak-anak sobat bloger sedang malas makan? sama dong dengan anak saya, apalagi jika disuruh makaan nasi, susahnya minta ampun, rasanya tuh pengen teriaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkk, eh maaf-maaf kok saya teriaknya di sini. Makanya agak bingung juga cara mensiasatinya supaya mereka mau makan. Setelah membuka-buka buku coklat berisi resep masakan nenek, ketemu deh dengan resep yang satu ini namanya nasi cetak sambal udang. Setelah dimasakkan, hasilnya mereka  jadi semangat makannya. Silahkan dilihat jika sobat bloger ingin mencobanya juga.

Bahannya:

250 gr beras
450 ml air
600 ml santan kental,
1 sdt garam halus

Sambal Udang:

200 gr udang, cincang kasar
3 buah cabe merah
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
½ sdt terasi bakar
1 sdt irisan daun jeruk
Garam secukupnya
1 buah jeruk asam, untuk rendaman udang
2 sdm mentega

Cara membuatnya:

1. Masak beras dengan air sampai lembut, tuangkan santan. Aduk masukkan garam.

2. Masak dengan api sedang samil diaduk-aduk hingga santan mengering, angkat.

3. Tuang ke dalam Loyang yang telah dialas daun pisang, sisihkan hingga mengeras.

4. Cetak adonan dengan cetakan kue kering. Taburi dengan bahan taburan.

5. Rendam udang dengan air jeruk nipis.

6. Buat taburan: haluskan cabe, bawang merah dan putih, terasi bakar.

7. Panaskan mentega, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan udang dan irisan daun jeruk. Tumis sampai masak tambahkan garam, sesuaikan rasa. Angkat.

kompas musafir



Resep Es Cream Rasa Cokelat dengan Taburan Cokelat Butiran

Kami punya menu spesial sebagai penutup makan siang kami kami sobat bloger. Sobat bloger mau tau? ah, sobat bloger memang selalu ingin tau hehehe. Kami makan es cream yang tentunya hasil karya tangan bunda ini. Tidak apa-apa kok sekali-kali anak-anak diberi es cream, lebih tidak apa-apa lagi kalau es creamnya buatan sendiri. Supaya sobat bloger bisa juga seperti kami, saya tidak pelit kok untuk berbagi resep. Silahkan.

Bahannya:

150 gr gula pasir
100cc susu cair
4 kuning telur
1 sdt tepung maizena
25 gr cokelat bubuk
300 cc krim kental
50 gr coklat butiran

Cara membuatnya:

1. Siapkan Loyang ukuran 20x20 cm. lapisi dasar Loyang dengan aluminium foil, sisihkan.

2. Gunakan api kecil, masak susu cair, gula pasir, dan cokelat bubuk, aduk rata. Tambahkan tepung maizena, aduk rata. Angkat.

3. Kocok kuning telur sampai berbuih, tambahkan air gula sedikit sedikit lalu kocok lagi sampai mengembang. Tambahkan krim kental kemudian aduk perlahan sampai adonan tercampur.

4. Masukkan coklat butiran, aduk rata. Masukkan dalam Loyang dan ratakan. Simpan dalam freezer kurang lebih 8 jam atau sampai mengeras.

5. Setelah membeku, bentuk dengan menggunakan cetakan kue kering, sajikan sebelum mencair.

kompas musafir



Resep Kue Corong Merah Putih

Walaupun tanggal tujuh belas Agustus sudah lewat, tidak ada salahnya kan semangatnya masih ada di tanggal sebelas September ini. Loh, hubungannya tanggal tujuh belas Agustus dengan resep kue apa yah?. Hubungannya adalah terletak pada warna kue yang akan saya bagikan ini sobat bloger, saya beri nama kue corong merah putih, karena warnanya terdiri dari dua warna, lapisan atas berwarna merah lebih tepatnya sih cokelat dan lapisan bawah berwarna putih. Silahkan dilihat yah, siapa tau bisa menjadi inspirasi untuk cemilan pagi atau sore sobat bloger. 

Bahannya:

Lapisan atas:90 g tepung beras
50 g tepung maizena
170 g gula palem
400 ml santan

Lapisan bawah
50 gr tepung beras
400 ml santan
½ sdt garam
Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuatnya:

1. Terlebih dahulu buat tempatnya dengan menggunakan daun pisang, bentuk daun pisang menyerupai corong, semat dengan lidi.

2. Aduk bahan lapisan bawah, Tuang ke dalam corong daun lalu kukus sampai matang.

3. Aduk bahan lapisan atas, setelah lapisan bawah matang, tuang lapisan atas. Kukus lagi sampai matang.


kompas usafir




Resep Kue Bolu Gula Merah Bumbu Kayu Manis

kompas musafir


Besok rencananya mau buat kue bolu lagi, yang kemarin sudah habis diperebutkan anak-anak dengan ayahnya eh anak tetangga juga ikutan rebutan kue heheheh, Iya lah, secara kue bolunya spesial karena menggunakan gula merah dengan aroma bubuk kayu manis. Pasti enak dan seru karena bisa dijadikan cemilan pagi sambil minum teh bersama keluarga. Cara membuatnya pun tidak susah dan ribet, amat sangat gampang malah. Liat aja bahan yang digunakan seperti di bawah ini. Dicoba yah sobat bloger.

Bahannya:

200 gr terigu
150 gr gula merah, disisir
50 gr gula pasir
3 butir telur
150 cc air
1 sdt bubuk kayu manis
Kacang tanah diiris tipis
Cetakan kecil

Cara membuatnya:

1. Kocok gula dan telur sampai mengembang dan kaku. Campurkan gula merah dan terigu, aduk rata, tambahkan air.

2. Tuang dalam cetakan yang telah diolesi dengan mentega, taburi kacang tanah diatasnya, panggang selama setengah jam.




Resep Kentang Berisi Ikan


Aduuuh lapar nih sobat bloger, ternyata udah siang, waktunya makan nih. Yuk sobat bloger makan siang sama kami sekelurga, menu siang hari ini cukup spesial, ikan kakap digiling kemudian dimasukkan ke dalam kentang yang telah dikeruk tengahnya. Kalau sobat bloger kepingin juga, silahkan lihat resepnya.

Bahannya:
300 gram kentang kecil, kupas, keruk bagian tengahnya
150 gram daging kakap, giling
1 butir telur
Garam secukupnya
3 buah cabe merah, iris halus
2 butir telur
Minyak goreng
Putih telur untuk celupan

Cara Membuatnya:
1. Campur ikan, telur, cabe, garam dan merica. Aduk hingga rata. Cicipi dan sesuaikan rasa.

2. Isikan adonan tersebut ke dalam kentang yang telah dikerok tadi. Kukus hingga matang.

3. Celupkan kentang ke dalam putih telur yang telah dikocok terlebih dahulu. Goreng hingga matang dan kering.

4. Angkat dan hidangkan dengan saus sambal.




Resep Kue Maco Onde-Onde Wijen

Sobat bloger, sudah tau kan yang namanya onde-onde, bagi yang belum tau, onde-onde tuh terbuat dari tepung ketan diisikan potongan gula merah direbus kemudian ditaburi dengan kelapa parut. Bentuknya bulat pastinya. Ada juga nih sobat bloger, onde-onde yang juga berbahan dasar tepung ketan tapi isiannya kacang hijau, taburannya wijen dan cara masaknya digoreng. Nama lainnya kue maco, kalau sobat bloger mau resepnya, silahkan dilihat dibawah, dan satu lagi yang sabar yah karena bahan dan penyajiannya agak-agak ribet gitu deh hehehe.

Bahannya:

250 gr tepung ketan
1 sdm tepung beras
½ sdt garam
225 ml air
175 gr gula pasir
3 lembar daun pandan
½ sdt vanili
500 ml minyak untuk menggoreng

Isinya:

250 gr kacang hijau kupas
200 gr gula pasir
1300 ml air
200 ml santan kental
1 sdt garam
2 lbr daun jeruk purut
3 lr daun pandan

Lapisannya:

150 gr wijen

Cara membuatnya:

1. Rebus air, gula dan daun pandan hingga harum dan gula larut, angkat dan diamkan hingga cukup hangat.

2. Campur sisa bahan 1, aduk rata kemudian tuangkan ke dalam bahan adonan di atas samil diuleni hingga adonan halus dan dapat dipulung, diamkan selama 15 menit.

3. Isi: rebus air, daun jeruk, daun pandan, garam dan kacang hijau, masak sampai kacang hijau empuk dan matang.

4. Masukkan sisa bahan, masak hingga dapat dipulung.

5. Bulatkan isian, masukkan ke dalam adonan, lakukan hingga adonan habis.

6. Letakkan wijen dalam mangkok, gulingkan kue maco sampai rata. Goreng hingga berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Dinginkan dan kue maco sudah siap.


kompas musafir



Resep Kue Madu Mongso

kompas musafir
Penganan yang satu ini adalah penganan khas Jawa Timur, namanya madu mongso. Di daerah Makassar tepatnya suku bugis, ada juga penganan yang mirip-mirip dengan ini, berbahan dasar beras ketan serta dibungkus dengan kertas minyak warna-warni, biasanya orang bugis menyebutnya baje' bandong. Kalau di beberapa resep penganan ini menggunakan beras ketan sebagai bahan dasarnya, tapi untuk resep yang akan saya bagikan, madu mongsonya berbahan dasar ketan juga, tapi ketan yang telah dijadikan tape. Selamat mencoba sobat bloger.

Bahannya:

300 ml santan kental

100 gram gula pasir

400 gram tape ketan hijau, tiriskan

100 gram nangka matang, potong kecil

Kertas minyak

Cara Membuatnya:

1. Masak gula dan santan sambil diaduk sampai kental dan berminyak.

2. Masukkan tape ketan aduk lagi hingga kental. Tambahkan nangka. Aduk sebentar kemudian matikan api dan dinginkan.

3. Ambil 1 lembar kertas minyak lalu isikan dengan satu sendok makan madu mongso. Bungkus seperti permen. Simpan dan toples.




Resep Kue Jongkong

Kue yang satu ini dari Surabaya asalnya, orang disana bilangnya penganan atau kue untuk cemilan. Rasanya enak dan gurih, memang seh agak ribet cara membuatnya, tapi kalau rasanya enak tidak ada ruginya kan! Kan bisa juga untuk dijadikan usaha kue basah.

Bahannya:

250 gram tepung beras
100 gram tepung kanji
200 gram gula pasir
½ sendok the garam
800 ml santan dari 1 butir kelapa
100 ml air abu merang (50 gram merang dibakar lalu abunya ditambahkan air 100 ml air, saring)
100 ml air daun suji dan pandan (30 lembar daun suji dan 8 lembar pandan)
Minyak goreng untuk olesan
½ butir kelapa muda diparut kasar, kukus dengan sedikit garam

Cara Membuatnya:

1. Campur tepung beras, tepung kanji, gula pasir, garam dan santan.

2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Sebagian diberi abu merang. Sebagian lagi diberi air daun suji. Sisihkan.

3. Olesi cetakan 15x15x4 cm dengan minyak. Panaskan dalam kukusan. Tuang satu sendok sayur adonan abu merang. Kukus 5 menit. Tuangi adonan daun suji. Kukus 5 menit juga. Ulangi hingga adonan habis. Terakhir kukus selama 30 menit, angkat dan dinginkan.

4. Potong kue setelah dingin. Sajikan dengan kelapa parut.

kompas musafir


Resep Kue Tape Ubi Bakar Saus Kelapa

Kalau malam-malam kayak begini, maksudnya cuacanya hangat, rasanya kepengen makan cemilan yang ringan-ringan saja. seperti tape ubi. Tapi tape ubinya kita bakar, kalau di bandung orang bilangnya colenak, mirip-mirip pisang peppe kalau di Makassar. Selamat mencoba yah sobat bloger.

Bahannya:

500 gram tapai singkong
½ butir kelapa agak muda, parut
200 gram gula merah, disisir
50 gram gula pasir
Daun pandan
Sejumput vanili bubuk
Air secukupnya

Cara Membuatnya:

1. Bakar tape di atas bara arang hingga matang. 

2. Rebus gula dan daun pandan dengan sedikit air hingga gula larut, kemudian tambahkan kelapa dan vanili bubuk. Masak lagi hingga cukup kental. Hidangkan tape bakar dengan cocolannya.


kompas musafir




Resep Nugget Sayur Saus Bumbu Kari

Sebenarnya saya malas memasak makanan yang menggunakan bahan jadi, seperti nugget siap pakai. Tapi anak-anak maunya makan nugget siap pakai itu. Ceritanya mereka pergi ke minimarket sama ayahnya, sampai disana si adek lihat nugget di kulkas, minta lah dia dibelikan. Dasar ayah yang terlalu sayang sama anak, dibelikan juga padahal sudah diwanti-wanti jangan. Ya sudah, kan nda mungkin dikembalikan barang yang sudah dibeli. Makanya saya cari akal gimana caranya supaya anak-anak tetap makan nugget tapi sehatnya juga tetap dapat. Saya bilang ke anak-anak kalau akan dibuatkan tapi dengan syarat nuggetnya dimakan dengan sayuran. Saya buatkan lah saus untuk cocolan nuggetnya, tidak lupa pakai sayuran pastinya, saya beri nama nugget saus sayur bumbu kari (bumbu karinya tentu saja yang saya buat sendiri, kalau sobat bloger kepingin juga resepnya, silahkan dilihat disini).

Bahannya:10 buah nugget ayam siap pakai
Minyak goreng

Sausnya:

2 sendok makan minyak untuk menumis
2 buah mentimun tanpa biji, potong korek api
100 gram wortel, potong korek api
1 tangkai serai, memarkan
1 lembar daun salam
100 cc santan sedang
1 sendok makan bumbu kari siap pakai (cara membuat bumbu kari rumahan lihat disini)
Garam secukupnya

Cara Membuatnya:

1. Panaskan minyak. Goreng nugget sampai matang dan kering.

2. Tumis bumbu kari dengan serai dan salam sampai harum. Masukkan sayuran setelah agak layu tuangi santan dan tambahkan garam.

3. Masak sampai semua bahan matang. Cicipi dan sesuaikan rasa. Angkat dan hidangkan.

\kompas musafir


Cara Membuat Bubuk Kari Rumahan

Saya kadang penasaran dengan bubuk ajaib yang satu ini, kalau iklan mie di tv, pakai bubuk ini kayaknya enaak sekali, namanya bubuk kari. Banyak seh yang siap pakai dijual di pasar, tetapi sebagai bunda yang baik untuk anak dan istri yang tidak malas untuk suami, saya berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan resep untuk membuatnya sendiri. Akhirnya setelah melalui perjuangan yang panjang dan melelahkan karena harus merayu dan menggombal mama mertua supaya dikasi resepnya, taadaaaa inilah resep kuno itu heheheh. agak berat seh membagikan resep ini, karena perjuangan tadi, tapi sudahlah saya kan juga mau sobat bloger tambah disayang keluarga karena jago masak seperti saya ini hehehe. Saya tidak jago masak kok sobat bloger, cuma jago makan dan nulis resep. Silahkan dilihat resepnya.

Bahannya:
5 biji bunga lawang atau pekak (bumbu yang bentuknya seperti bunga atau bintang, warnanya coklat tua)
3 sendok teh jintan
10 cm kayu manis
5 sendok teh ketumbar
1/2 buah biji pala
1/2 sendok teh bunga cengkeh

Cara Membuatnya:
Haluskan semua bahan hingga benar-benar halus, kemudian campur dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat. Bahan-bahan di atas dapat menghasilkan 1,5 sendok makan bubuk kari.


kompas musafir
(Sumber foto: satekabayan.com)


Resep Kue Kolombein

Kue Kolombein, itu nama resep yang akan saya bagikan malam ini, mirip-mirip kue bolu kering lah, rasanya enak, cocok untuk dijadikan 'tulang' teh tawar di sore yang cerah apalagi jika dimakan bersama suami tercinta seperti yang kami lakukan tadi sore (SKEPO = SKedar Informasi) hehehehe, Nah daripada sobat bloger cemburu dengan kemesraan kami mending lihat resep langsung yuk, dan jangan lupa dicoba yah.

Bahannya:


4 butir telur ayam
150 g gula pasir
100 g tepung terigu, diayak
¼ sdt vanili
1 sendok makan margarine
2 sendok makan tepung terigu

Cara membuatnya:

1. Kocok telur ayam dan gula pasir hingga putih. Tambahkan terigu dan aduk hingga rata.

2. Ambil cetakan kue bentuk oval setinggi 3 cm. olesi margarine dan taburi dengan terigu.

3. Tuang adonan hingga ¾ bagian cetakan. Panggang sampai matang.

kompas musafir



Resep Cemilan Sate Kentang



Bagi sobat bloger yang suka makan kentang nih, bosan lah yah pastinya dengan masakan yang sudah biasa seperti kentang di sup, kentang dikukus, atau dibakar atau bahkan kentang yang dijual di kaefce sana. Saya punya resep nih, kentangnya kita buat sate! penasaran kan? mau coba resepnya, silahkan di copy.

Bahan Kulitnya:

1 kg kentang, kukus, haluskan
½ sendok the garam
Merica secukupnya
2 sendok makan susu bubuk
1 sendok makan mentega

Isiannya:

3 siung bawang putih, cincang
7 butir bawang merah, cincang
200 gram ayam cincang
1 batang daun bawang
75 gram wortel, potong kotak kecil
100 gram jagung manis, sisir
2 sendok makan tepung terigu
150 cc air kaldu ayam
½ sendok the garam
¼ sendok the merica bubuk
1 sendok the gula pasir

Lapisannya:

Minyak goreng
2 butir telur, kocok lepas
100 gram tepung roti kasar

Pelengkap:

Saus tomat
Tusuk sate secukupnya

Cara Membuatnya:

1. Buat isiannya terlebih dahulu: panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging ayam, aduk sampai ayam berubah warna.

2. Masukkan wortel dan jagung manis, aduk rata. Tambahkan terigu, masukkan air kaldu, garam, merica bubuk, dan gula pasir, aduk rata. Masak sampai kental dan matang. Gunakan api kecil sambil terus diaduk-aduk agar tidak hangus. Angkat.

3. Campurkan kentang dengan susu bubuk, garam dan merica bubuk, aduk rata. Tambahkan mentega. Aduk rata.

4. Timbang kulit seberat 25 gr, lalu pipihkan, isi dengan adonan isi dan bentuk bulat. Lakukan sampai bahan habis.

5. Celupkan bola kentang dalam telur kemudian lumuri dengan tepung roti. Goreng sampai berwarna coklat. Angkat.

6. Dinginkan, kemudian tusuk dengan tusukan sate. Sajikan dengan saus tomat.




Resep Perkedel Ayam Enak dan Mudah



Kalau sobat bloger asli pemalas masak atau malas masak resep-resep yang ribet, cobalah resep perkedel ayam yang satu ini. Asli bukan rekayasa, resep ini adalah resep paling mudah, paling tidak makan waktu lama, pokoknya segampang memasak mie instan. Jikalau sobat bloger tidak percaya pada diriku ini cobalah sendiri, atau minimal mau membacanya hehehe.

Bahannya:

200 gram ayam giling
100 gram kelapa tanpa kulit, parut
2 sendok makan ketumbar, haluskan
3 cm kunyit, haluskan
2 cm jahe, haluskan
Garam secukupnya
Minyak goreng

Cara Membuatnya:

1. Campur ayam bersama kelapa, ketumbar, kunyit, jahe, dan garam. Aduk rata. Cicipi dan sesuaikan rasa.

2. Ambil 1 sendok makan adonan, bentuk bulat pipih. Goreng dalam minyak panas sampai matang.




Resep Kue Sus Keju Tepung Gula

kompas musafir


Karena saya sudah bagikan bahan dasar Sus, maka tidak sah dan lengkap rasanya jika saya tidak membagikan resep kue Sus. Bagi sobat bloger pemula (maksudnya yang pertama kalinya mau masak kue Sus nih! Heheheh). Saya bagikan resep yang paling gampang dan sederhana. Silahkan dilihat dan jangan malas untuk mencoba yah. Sus yang saya bagikan ini adalah sus dengan rasa kombinasi manis dan asin. Dijamin enaaak deh pokoknya.

Bahannya:

1 resep adonan dasar
100 g keju krim
Kuning telur untuk memoles
Tepung gula untuk taburan

Cara membuatnya:

1. Campurkan adonan dasar sus dengan keju krim.

2. Masukkan adonan ke dalam kantung segitiga. Gunting ujungnya. Semprotkan ke dalam cetakan kue kering yang bentuknya memanjang. Olesi dengan kuning telur kemudian oven sampai matang.

3. Hidangkan dengan terlebih dahulu ditaburi tepung gula.




Resep Bahan Dasar Kue Sus Enak dan Mudah

Saya lagi buka-buka buku resep kuno siang tadi, ketemu dengan resep kue sus, dari gambarnya kelihatannya enak, udah kebayang gimana rasanya, garing di luar tapi lembut meleleh di dalamnya hehehe jadi ngiler deh. Langsung aja tancap gas, ganti kostum, yuk marriii kita masak. Nah, buat sobat bloger yang bingung membuat Sus tersebut, maka saya bagikan bahan dasar membuat Sus seperti berikut ini. Amat sangat gampang!

Bahannya:

200 ml air
100 gr mentega
Garam secukupnya
100 gr tepung terigu
3 butir telur

Cara membuatnya:

1. Rebus mentega dengan air dan garam sampai mendidih, kecilkan api kemudian masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Aduk hingga adonan tidak melekat di panci. Angkat dan dinginkan.

2. Masukkan telur satu per satu sambil diaduk rata.

3. Adonan Sus sudah dapat digunakan. Selamat mencoba!

Resep Perkedel Tempe

kompas musafir

Perkedel tempe? hmmmm boleh juga tuh!. Eeh ada sobat bloger, maaf yah, saya ngomong sendiri. Jadi gara-garanya begini, ada tetangga yang mengeluh anaknya doyan sekali makan tempe tapi anaknya tuh maunya tempe bukan hanya di goreng, maunya dibuat variasi yang lain gitu. Jadi saya sarankan bagaimana kalau dibuat perkedel dan dicampurkan dengan daging ayam yang digiling pasti enak tuh. Makanya, supaya sobat bloger betah berlama-lama di blog saya ini, saya bagikan juga daahh resepnya. Silahkan dicoba diru mah masing-masing.

Bahannya:

400 gram tempe, kukus, haluskan
100 gram daging ayam, giling
4 butir telur
1 tangkai daun bawang, iris halus
1 buah tomat tanpa biji, potong dadu kecil
2 buah cabe hijau tanpa biji, iris tipis
1 sendok makan kecap manis
Garam secukupnya
Minyak goreng

Cara Membuatnya:

1. Campur tempe dengan daging ayam, telur, daun bawang, tomat, cabe hijau, kecap dan garam. Aduk rata. Cicipi dan sesuaikan rasa.

2. Panaskan minyak dengan api sedang. Tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur. Goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.





Resep Perkedel Ikan Tenggiri

Asyiiikkkk dapat kiriman ikan tenggiri dari mertua. Sudah terbayang mau dimasak apa ikan enak ini, dibuat perkedel aja. biar nda bosan, yang pastinya anak dan suami akan senang dan makan enak malam ini. Sobat bloger yang mau resep ini silahkan aja, nda usah malu-malu kayak kucing mau curi ikan gitu heheheh.. Saya kan orangnya baik hati.

Bahannya:

500 gram tenggiri, giling halus
1 buah wortel, serut halus
2 tangkai daun bawang, Rajang halus
2 butir telur
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok makan ketumbar
Garam secukupnya
Cabe keriting sesuai selera
2 butir telur ayam untuk celupan

Cara Membuatnya:


1. Haluskan ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam dan cabe. Campur dengan ikan dan wortel. Aduk rata.
2. Bentuk bulat memanjang lalu celupkan dalam kocokan telur. Goreng hingga matang.

kompas musafir


Resep Bakwan Sosis Tahu

Besok pagi tuh, rencananya mau makan gorengan aja sebagai pengganjal perut sambil menunggu si Bude' sayur datang. Apa yah gorengan yang enak dan tetap sehat?. Di kulkas cuma ada tahu, taoge, sedikit daun bawang, telur juga ada tuh. Buat bakwan ah! tapi bakwannya pakai sosis, makanya malam ini berburu sosis dulu di lapau depan rumah. Sobat bloger mau juga? penasaran yah!! karena saya tuh pada dasarnya tidak pelit membagikan resep, jadi saya bagikan juga dah untuk sobat bloger sekalian. Yang pastinya si kecil suka karena pakai sosis dan ingat yah sobat bloger jangan jangan jangan malas memasak.

Bahannya:

15 buah sosis, kerat-kerat
450 gram tahu putih, potong dadu kecil
50 gr taoge, siangi akarnya
1 tangkai daun bawang, iris halus
100 gram tepung terigu
4 butir telur
Garam dan merica secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Saus Kecap:

4 sendok makan kecap manis
6 buah cabe rawit, iris kasar
1 sendok makan bawang goreng
1 tangkai daun seledri, iris halus

Cara Membuatnya:

1. Campur tahu dengan taoge, terigu, daun bawang dan telur. Bubuhi garam dan merica. Aduk rata. Cicipi dan sesuaikan rasa.
2. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Goreng adonan bakwan sebanyak 1 sendok sayur. Letakkan sosis di tengahnya. Goreng sampai matang.
3. Buat saus kecap: campur semua bahan. Aduk rata.
4. Hidangkan bakwan sosis dengan saus kecap.

kompas musafir


Resep Sate Udang Saus Tiram

kompas musafir


Hmmmm,,, masak apa yah hari ini?.. Buka kulkas, ketemu sama tuan dan nyonya Udang. Diapakan yah enaknya?? goreng tepung? bosan. dimasak sambal, sudah biasa!. Akhirnya buka-buka resep yang lama tersimpan di ingatan, ketemu deh resep yang satu ini, Udangnya kita buat sate, SATE? iya sate, sudahlah enak, gampang pula cara membuatnya. Kalau sobat bloger nda percaya, cobalah sendiri di rumah masing-masing heheheh. Ini resepnya, dan jangan malas memasak yah untuk keluarga tercinta seperti diriku ini hehehe. yuk marrriii kita sate mensate.

Bahannya:

500 gram udang yang sedang besarnya, kerat punggungnya

1 sendok makan kecap manis

1 sendok makan saus tiram

1 sendok makan saus tomat

1 sendok makan kecap ikan

2 sendok makan air jeruk

Garam secukupnya

Cara Membuatnya:


1. Lumuri udang dengan campuran kecap, saus, air jeruk dan garam. Diamkan dalam lemari es selama kurang lebih satu jam agar bumbu meresap dan pastinya tambah enaakkkk.

2. Kemudian, keluarkan dan bakar sampai matang dengan sesekali diolesi bumbu sisa.





Resep Pangsit Pengantin

kompas musafir

Kalau ada sobat bloger yang ingin menikah, saran saya sebaiknya terlebih dahulu memasak menu yang satu ini, kalau pernikahannya mau langgeng, wajib kudu harus makan masakanan ini, kenapa begitu? karena namanya aja Pangsit Pengantin! hehehhe becanda kok, nda seekstrim itu kok. Silahkan dicoba memasaknya. 

Bahan-bahannya:

2 liter kaldu ayam

2 siung bawang putih, haluskan

2 buah magi blok

Garam dan merica secukupnya

Pelengkapnya:


2 buah wortel, iris bulat tipis

5 buah jamur kuping, rendam dan potong-potong

5 lembar daun kol, buang tulang daunnya, kemudian iris halus

2 tangkai daun bawang, iris halus

20 buah pangsit ayam siap pakai, goreng matang

Bihun, rendam air panas, tiriskan dan sisihkan

Cara Membuatnya:


1. Rebus kaldu bersama bawang putih, maggi, garam, dan merica sampai mendidih. Sisihkan.

2. Rebus wortel dalam air yang telah dibubuhi dengan sedikit gula. Lakukan hal yang sama pada kol.

3. Cara penyajian: siapkan mangkok saji, susun: 2 sendok makan wortel, 2 sendok makan kol, 3 iris jamur, 2 buah pangsit, bihun. Siram dengan kuah panas.




Resep Roti Isi Pisang

Jangan cuma rajin buat gorengan yah sobat bloger, sekali-kali membuat kue untuk keluarga juga tidak apa-apa, tidak ada yang melarang kok!. Sebagai sobat yang baik, saya mau bagikan nih kue sehat untuk sobat bloger, Kue Isi Pisang. Jangan malas memasak untuk keluarga yah!

Bahan:
500 gram tepung terigu

2 butir telur ayam (1 untuk adonan dan 1 lagi untuk olesan)

3 sendok makan mentega

2 sendok makan fermifan, campur dengan 200 ml air

2 sendok makan gula pasir

½ sendok makan garam

Isi:


1 sisir pisang raja, kukus dan potong memanjang menjadi 2 bagian

Pelengkap:

Keju parut secukupnya

Cara membuat:

Campur tepung terigu, mentega dan 1 butir telur ayam. Tambahkan garam dan gula, aduk rata. Olesi dengan larutan fermipan, uleni sampai kalis. Diamkan dalam baskom yang ditutupi dengan kain basah selama 1 jam atau sampai mengembang. Buang gasnya, ambil 50 gr adonan dan gilas sampai tipis. Ambil satu potongan pisang, tutup pisang dengan adonan yang telah digilas tadi (buat berlapis-lapis). Olesi dengan kuning telur dan beri sedikit parutan keju. Lakukan hingga adonan dan pisang habis. Biarkan beberapa saat hingga mengembang. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu sampai mengembang dan matang. Angkat.

kompas musafir
(Sumber foto: masakenaksehari.blogspot.com )

Resep Bakwan Tahu

Emang dasar pecinta bakwan, mau nda mau postingan kali ini bakwan lagi. Eitss jangan langsung bosan yah, bakwan ini tidak kalah enak kok dari bakwan cumi. Bahan dasarnya memakai tahu, selain enak juga sehat tentunya. Biasakanlah masak untuk keluarga! jangan malas-malas yah. hehehhe

Bahan:

200 gram tahu cina, rebus sebentar, potong dadu kecil

100 gram taoge, siangi

100 gram kol, iris halus

1 tangkai daun bawang, iris halus

150 gram tepung terigu

200 cc air

Bumbu halus:

10 gram ebi, rendam dalam air panas

1 sendok the ketumbar, sangrai

6 butir bawang merah

Garam dan merica secukupnya

Minyak goreng

Cara membuat:

1. Campur tahu dengan taoge, kol, daun bawang, tepung terigu, ebi, bawang merah dan ketumbar. Aduk rata. Tambahkan air, garam, dan merica. Aduk rata.

2. Bentuk sesuai selera, goreng sampai matang.

kompas musafir
(Sumber foto: resep-kuliner99.blogspot.com)

Resep Bakwan Cumi Bumbu Kunyit

Bagi sobat bloger yang suka makan bakwan, jangan makan bakwan yang bahannya sudah biasa seperti kol, wortel. Cobalah sekali-kali membuat bakwan dengan tambahan bahan Cumi. Dijamin tambah di sayang suami dan anak-anak. Kalau yang belum berkeluarga, tambah disayang orang tua lah hehehe. Atau yang lagi mau pedekate nih, sama calob mertua atau sama siapa lah, coba saja buatkan bakwan ini, tapi jangan lupa tambahkan bumbu rasa cinta heheheh.

Siapkan bahannya yah!

Bahan:

150 gram cumi, potong bulat tipis

3 sendok makan tepung terigu

3 lembar daun mangkokan, iris halus

Garam secukupnya

Bumbu halus:

4 butir bawang merah

1 siung bawang putih

½ sendok teh ketumbar

2 buah cabai merah

2 cm kunyit

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

1. Aduk cumi dengan tepung terigu, daun mangkokan, dan garam.

2. Masukkan bumbu halus. Aduk rata.

3. Sendok sedikit demi sedikit lalu goreng sampai kering dan matang.

kompas musafir



Ayam Panggang Keju

Ayam Panggang Keju
Selamat pagi ibu-ibu dan sahabat kuliner, ini satu lagi resep yang bisa dicoba untuk berbuka puasa nanti, atau nikmat juga untuk disajikan pada suasana lebaran nanti, mari kita simak.

Bahan:

1 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian

1 butir jeruk nipis, ambil airnya

Garam secukupnya

Minyak goreng

100 gram keju parut, untuk taburan

Tumisan:

2 sendok makan margarine

100 gram bawang Bombay, iris halus

3 siung bawng putih, cincang

1 ruas jari jahe, potong tipis melebar

8 sendok makan saus cabai

3 sendok makan saus tomat

300 ml air mendidih

½ bungkus bumbu kaldu ayam

1 sendok the minyak wijen

Garam dan gula Jawa secukupnya

Cara membuat:

Aduk rata Ayam, air Jeruk, dan garam sampai rata, diamkan 15 menit kemudian goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.

Panaskan minyak, tumis bawang Bombay, Bawang putih, dan Jahe sampai harum. Masukkan air, bumbu kaldu, minyak wijen, saus tomat, saus cabai, ½ bagian keju parut, garam dan gula. Aduk dan didihkan.

Masukkan Ayam, aduk dan masak sampai air kental. Angkat lalu tuang ke dalam pinggan (pirex) tahan panas yang telah diolesi mentega. Ratakan.

Panggang dalam oven panas bersuhu 170 derajat sampai matang. Angkat.




Bola-bola Daging Saus Kecap

Bola-bola Daging Saus Kecap
Resep yang satu ini mirip dengan bakso, tapi sebenarnya bukan bakso yang merupakan makanan berkuah yang nikmat, yang diramu dengan bumbu rempah, bola-bola daging saus kecap perpaduan daging dan roti, jadi rasanya seperti perpaduan bakso dan roti, rasanya juga tidak kalah nikmatnya dengan bakso, mari kita simak cara membuatnya.

Bahan:

2 lembar roti tawar tanpa kulit, sobek kecil-kecil

4 sendok makan susu cair

500 gram daging has, cincang halus

4 siung bawang putih

2 butir telur ayam

1 ½ sendok tehmerica bubuk

¼ sendoh tehpala bubuk

Garam secukupnya

100 gram kacang tanah goreng, cincang kasar

2 butir telur ayam, kocok sebentar

100 gram tepung roti

Minyak untuk menggoreng

Saus:

3 sendok makan margarine

100 gram bawang Bombay, iris halus

3 siung bawang putih, cincang

100 gram wortel, potong dadu kecil

3 cabai merah, cincang

400 cc kaldu sapi

3 sendok makan kecap manis

1 sendok the minyak wijen

Garam secukupnya

100 gram mentimun tanpa biji, potong dadu kecil

1 sendok the tepung maizena larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:

Bola-bola daging: remas-remas roti tawar dengan susu cair sampai lembut. Masukkan daging, bawang putih, telur, merica, pala dan garam, aduk rata. Sesuaikan rasa.

Bentuk adonan bulat-bulat lonjong sebanyak 12 potong sambil dipadatkan. Kukus sampai matang, angkat. Dinginkan.

Gulingkan daging pada tepung roti, celupkan dalam telur kocok dan gulingkan lagi dalam tepung roti sambil dirapikan.

Goreng dalam minyak yang banyak dan panas sampai berwarna kuning kecoklatan, angkat. Hidangkan dengan saus.

Saus: Panaskan margarine. Tumis bawang Bombay, bawang putih, wortel dan cabai sampai harum. Masukkan kaldu, kecap, minyak wijen, dan garam. Aduk dan didihkan. Masukkan mentimun dan larutan maizena. Aduk sampai lembut dan kental. Angkat.




Adonan Dasar Cake

Adonan Dasar Cake
Beberapa orang terkadang merasa sangat membuat sebuah cake yang enak,apalagi jika cara pembuatannya sedikit rumit misalnya cake yang dimodifikasi, padahal sebenarnya cara membuatnya sangat gampang. Dari bahan-bahan murah sederhana yang ada di rumah, sobat bloger dapat membuat adonan dasar cake yang istimewa, lebih istimewa lagi karena dari satu bahan dasar cake, sobat bloger dapat menciptakan aneka citarasa cake, yang penting sobat bloger mau berkreasi. Berikut saya bagikan adonan dasar cake yang mudah dan sederhana tapi tetap enak.

Bahan:

250 gram mentega

250 gram gula halus, ayak

½ sendok teh vanili

½ sendok teh garam

7 kuning telur

225 gram tepung terigu, ayak dengan 25 gr tepung maizena, 25 gram susu bubuk dan 1 sendok teh baking powder

2 putih telur, kocok sampai kaku

Cara membuat:

1. Kocok mentega, gula, vanili, garam sampai putih. Masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai mengembang.

2. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan dengan sendok kayu sampai rata.

3. Tuang adonan ke dalam cetakan yang di alas dengan kertas roti dan diolesi mentega. Ratakan. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 derajat sampai kue matang. Angkat.

Kue wafer bersembunyi

Kue wafer bersembunyi
Salah satu kue kering yang menjadi rekomendasi saya untuk disajikan di hari lebaran nanti adalah kue wafer bersembunyi. Cara membuatnya mudah dan yang pastinya enak! Yuk, sobat bloger buat kue lezat dari hasil tangan sendiri.

Bahan:

200 gram margarine

50 gram gula halus, ayak

6 sendok makan susu cair

1 kuning telur

½ sendok teh vanili

1/3 sendok teh garam

300 gram tepung terigu, diayak

75 gram kue wafer siap beli, masing-masing potong 2 bagian, untuk isi.

3 kuning telur, aduk dengan 2 sendok makan mentega cair, untuk olesan.

75 gram keju parut, untuk taburan.

Cara membuat ;

Aduk mentega, gula, susu cair, kuning telur, vanili dan garam dengan sendok kayu sampai lembut, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk, sampai adonan bisa dipulung.

Bulatkan adonan, bungkus dengan selembar plastic dan simpan dalam lemari pendingin selama 1 jam sampai mengeras, lalu giling tipis setebal 0,4 mm dan potong ukuran 4 x 12 cm.

Taruh sepotong wafer diatas setiap potong adonan dan gulung sehingga wafer terletak di tengah, taruh diatas Loyang datar beroles mentega dan berjarak untuk setiap potong kue.

Olesi permukaan dengan kuning telur dan taburi keju parut, panggang dalam oven dengan suhu 175 derjat celcius sampai matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat lalu dinginkan.

Resep Membuat Parkedel Spageti

Resep Membuat Parkedel Spageti
Hari-hari terakhir menjelang penghabisan bulan ramadhan ini, tetangga disekeliling rumah sibuk membuat aneka kue-kue, ada juga tetangga yang hanya sekedar latihan membuat masakan dengan resep-resep yang baru bagi mereka, salah seorang tetangga saya pernah bertanya tentang resep membuat parkedel spageti yang enak, seperti yang dibuat istri saya beberapa waktu sebelum ini.

Nah karena cukup banyak tetangga yang berminat mencoba membuat resep ini, maka tidak ada salahnya saya berbagi kepada pemirsa blog setia kami, yaitu resep cara membuat parkedel spageti yang nikmat, berikut cara membuatnya

Bahan ;

2 sendok makan mentega, dicairkan

50 gram bawang Bombay, dicincang halus

3 sendok makan tepung 

300cc susu cair

100 gram spageti, direbus lalu tiriskan

150 gram ayam giling 

150 gram daun bayam, rebus lalu tiriskan, kemudian iris halus.

100 gram keju parut

Garam dan merica secukupnya

¼ sendok tea biji pala

3 butir telur

Cetakan persegi ukuran 20 cm, alasi dengan kertas roti, olesi minyak makan

Paniran ;

Telur secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Pelengkap ;

Keju cedar, potong ukuran kotak

Cara membuatnya ;

1. Tumis bawang Bombay dalam mentega sampai harum, masukkan terigu, setelah itu diaduk sampai kecoklatan, tuangkan susu dan ayam, aduk sampai kental dan meletup-letup

2. Masukkan bayam, spageti dan keju bubuhi garam, merica dan pala.

3. Masak diatas api sampai kental sambil terus diaduk, angkat, setelah dingin, tambahkan telur satu persatu sambil diaduk.

4. Tuang ke cetakan, kukus sampai matang, setelah dingin, potong-potong sesuai bentuk yang diinginkan.

5. Celupkan ke telur, kemudian gulingkan ke tepung panir, celupkan ke telur lalu ke tepung panir kembali.

6. Goreng sampai matang warna kuning kecokelatan, kemudian hias diatasnya dengan potongan keju.

Sate Daging Jepit

Sate Daging Jepit
Sate tidak saja merupakan penganan favorit dihari lebaran, namun sate juga bisa dimanfaatkan sebagai usaha sampingan keluarga, hal ini banyak dijumpai di sumatera dan jawa, di sumatera khususnya di sumatera barat sate ini banyak ragamnya, mulai dari sate dagung-dangung lima puluh kota, sate pariaman dan sate padang.

Semua bahan sate tersebut dibuat dari daging, baik itu daging sapi atau daging ayam, sate yang bikinan orang sumatera barat terkenal dengan kuahnya yang nikmat, meski tidak semuanya sate memiliki kuah yang banyak, berikut kita coba bahas cara membuat sate daging jepit, dengan kuah yang super lezat dan nikmat.

Bahan ;

600 gram daging tanpa lemak 

2 lembar daun salam

1 sendok tea garam

800 ml air kelapa

150 ml santan sedang kentalnya

1 sendok makan gula merah

Garam dan minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

2 siung bawang putih

3 butir bawang merah

1 sendok makan ketumbar, disangan

½ sendok tea jintan, disangan

3 cm lengkuas

2 butir mata asam

Cara membuatnya ;

Rebus daging dengan air kelapa, daun salam dan garam hingga empuk dengan api kecil, kemudian angkat dan dinginkan, setelah itu potong sejajar dengan serat, ukuran 4 x 6 cm, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, beri 50 ml air sisa rebusan daging dan santan. Masukkan daging, kecilkan api dan masak hingga kuah mengental, lalu angkat.

Memarkan daging dengan cara dipukul-pukul, kemudian dijepit dengan bamboo, setelah itu bakar hingga matang, sambil sesekali dioles dengan bumbu. 

Jika anda ingin berkreasi tanpa menggunakan daging, daging bisa juga anda ganti dengan tempe, nah cukup mudah bukan membuatnya, selamat mencoba.

Cara Membuat Prol Singkong Bertaburan Keju

Cara Membuat Prol Singkong Bertaburan Keju
Resep yang satu ini biasanya paling banyak dikombinasikan dengan tape, namun kali ini kita coba membuatnya dengan singkong biasa, menu ini sangat cocok untuk disantap pada saat berbuka puasa, selain itu rasanya yang gurih dan nikmat, baik juga dijadikan sebagai cemilan di ruang tamu anda.

Tanpa berpanjang mukodimah mari kita bahas cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan

250 g mentega

200 g gula pasir

100 g kelapa muda, diparut

200 g singkong yang sudah dikupas kulitnya, kemudian parut

150 g tepung terigu

500 g keju parut untuk taburan

Cetakan loaf, dialas dengan kertas roti, olesi mentega

Cara membuatnya 

1. Kocok mentega dan gula sampai lembut, tambahkan telur satu persatu sambil terus dikocok sampai mengembang.

2. Masukkan kelapa dan singkong, aduk rata, tambahkan tepung dan sebagian keju yang diparut, aduk rata, tuang ke cetakan, taburi sisa keju parut.

3. Ovenkan sampai matang dan kering.

Nah, pemirsa demikianlah cara membuat prol singkong bertaburan keju. Selamat mencoba.

Cara Mudah Membuat Mpek-Mpek Palembang

Cara Mudah Membuat Mpek-Mpek Palembang

Beberapa waktu lalu sobat setia blog ini pernah bertanya tentang resep membuat mpek-mpek Palembang, nah berikut ini kita coba bahas cara mudah membuat mpek-mpek Palembang yang enak, resep ini juga baik sekali untuk dicoba untuk menjamu tamu-tamu pada saat acara silahturrahmi, khususnya hari raya idul fitri.

Bahan-bahan yang dibutuhkan (bahan utama)

1 kg tepung kanji (tepung perancis)

½ kg minyak goreng

1 potong ikan tenggiri (patin,gambus), digiling halus

Garam secukupnya

Penyedap secukupnya

Air yang sudah mendidih secukupnya

Sedikit tepung terigu (untuk alas telapak tangan)

Bahan isi

1 buah papaya muda yang sudah diparut

1 sendok tea merica halus

3 siung bawang putih

3 batang saledri

2 batang bawang perei

Garam secukupnya

Penyedap secukupnya

Semua bahan isi diatas ditumiskan

Bahan untuk kuah

2 ons gula aren

Penyedap secukupnya

Kecap secukupnya

5 gelas air mentah

30 buah cabe rawit digiling halus

5 siung bawang putih digiling halus

1 bungkus kecil asam jawa

Semua bahan untuk kuah diatas direbus sampai mendidih.

Cara membuatnya

Tepung kanji diasuk-aduk, masukkan ikan yang sudah dihaluskan, lalu diaduk lagi sampai rata dengan air panas yang sudah mendidih, masukkan garam secukupnya lalu ditambahkan penyedap secukupnya, aduk semuanya sampai rata.

Untuk mencetaknya, tepung terigu tadi ditaburkan ditelapak tangan agar adonan tidak lengket, kemudian ambil adonan sedikit setelah itu digiling pakai tangan sampai gempeng, lalu masukkan bahan isi yang sudah ditumis tadi, baru dilipat lalu dibentuk seperti pastel, setelah semua selesai dibentuk barulah digoreng sampai semuanya selesai.

Bila empek-mpek siap dihidangkan, siramkan kuah yang sudah dimasak tadi diatas mpek-mpek. Nah rahasia keenakan mpek-mpek adalah bagaimana kita memadukan pembuatan kuah dengan bahan utama diatas, selamat mencoba.