Resep Masakan Cumi Hitam

Mungkin ada sobat bloger yang tidak suka makan cumi, apalagi jika dimasak bersama dengan tintanya. Tapi itu kembali lagi ke diri sobat bloger sendiri. Sama seperti saya, awalnya saya juga tidak menyukai cumi yang dimasak dengan tintanya, melihatnya saja sudah merinding, warna masakannya yang hitam membuat saya tidak pernah mau menyentuhnya. Karena kebiasaan saya di sumatra yang harus dihilangkan tintanya. Tapi oleh istri saya yang orang sulawesi, pandangan saya berubah, untuk pertama kalinya saya mencoba makan cumi yang dimasak dengan tintanya, nama masakannya Cumi Hitam, rasanya enak juga. Nah, resep itu yang kali ini saya akan bagikan kepada sobat bloger.

Bahan:
500 gr cumi kecil
4 sendok makan minyak kelapa

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 buah cabe merah
3 biji asam jawa, rendam dengan air sebanyak 50 ml
garam sesuai selera

Cara Membuat:
1. Bersihkan cumi dengan membuang tulang rawannya, jika tidak ingin amis, cumi dapat diperasi air jeruk nipis kemudian diamkan selama 15 menit, dan cuci kembali kemudian tiriskan.
2. Tumis bumbu halus dengan menggunakan air asam jawa sampai harum. masukkan cumi, tidak perlu di tambahkan air karena cumi akan berair. Masak hingga air berkurang.
3. Gunakan api sedang, tuang minyak kelapa, tumis hingga sedikit mengering dan wangi. Angkat dan sajikan.
4. Untuk hiasan agar lebih menarik dipandang mata, potng 1 buah cabe merah sepanjang 1 cm dan bawang putih 2 siung iris tebal. Taburkan sesaat sebelum api dimatikan.

kompas musafir
(Sumber foto: resepmasakankuliners.blogspot.com)


0 comments