Resep Puding Lapis Legit Enak untuk Sajian Lebaran Adha

Puding zebra, puding kurma atau puding lapis 2 warna lainnya mungkin sudah biasa untuk sobat bloger, tapi pernah kah sobat bloger mencoba puding yang dikombinansikan dengan kue lapis legit? Bagi yang sudah pernah mencobanya, alhamdulillah kalau begitu, tapi bagi sobat bloger yang belum pernah sekalipun mencobanya, silahkan berkreasi dengan resep puding lapis legit berikut ini.

Bahan:
200 gr kue lapis legit siap pakai, potong sesuai dengan ukuran cetakan loyang puding

Lapisan I:
750 ml susu cair
1 bungkus agar-agar warna putih
100 gr gula pasir
1 sendok teh pewarna strawberi

Lapisan II:
300 ml susu cair
50 gr gula pasir
1  bungkus agar-agar warna putih
2 putih telur, dikocok kaku
250 gr buah strawberi, iris-iris tipis (jika suka dan jika ada)

Saus Vla:
750 ml susu cair
150 gr gula pasir
2 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 3 sendok makan air
2 kuning telur, kocok lepas

Cara Membuat:
1. Lapisan I: Didihkan susu bersama agar-agar, gula pasir, dan pasta strawberi sambil diaduk hingga kental. Angkat dan sisihkan.
2. Susun potongan lapis legit di dasar loyang, tuang setengah bagian adonan strawberi di atas lapis legit tadi, ratakan, biarkan hingga mengeras. Kemudian susun lagi lapis legit di atasnya, dan tuang setengah bagian adonan strawberi yang tersisa tadi, ratakan dan biarkan hingga mengeras.
3. Lapisan II: Didihkan susu, gula pasir dan agar-agar hingga mengental, angkat kemudian aduk hingga agak dingin. Tuang adonan ke dalam putih telur kocok sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Matikan mixer, masukkan irisan strawberi, aduk rata kemudian tuang di atas lapisan I tadi. Biarkan mengeras kemudian dinginkan di dalam lemari es.
4. Membuat Saus: Didihkan susu bersama gula pasir sambil diaduk lalu tuang larutan maizena, aduk rata hingga kental. Angkat dan dinginkan. Sajikan puding dengan saus. (untuk 16 potong).

kompas musafir
(Sumber foto: laylacake.blogspot.com)

0 comments