Resep Membuat Bahan Dasar Cake, Tips Agar Cake Tidak Kempes

Terkadang ketika membuat cake, hasil di awal sangat cantik tapi setelah dingin cake menjadi kempes. Nah, berikut saya akan membagikan resep bahan dasar membuat cake agar tidak kempes. Setelah mahir membuat cake ini, sobat bloger juga bisa mengembangkan resep tersebut sesuai selera, misalnya jika ingin membuat cake cokelat, maka ganti 50% dari tepung terigu dengan 50% cokelat bubuk, kemudian campur dengan tepung maizena dan baking powder. Cara membuatnya sama dengan resep.

Atau jika sobat bloger ingin membuat cake dengan rasa gula merah, maka kurangi saja 50% dari total gula pasir kemudian tambahkan 70% gula merah yang telah disisir atau gula palem (palm sugar), cara membuatnya pun sama dengan bahan dasar. Untuk hiasannya bisa sobat bloger buat sesuai dengan kreasi sendiri. Berikut resep membuatnya.

Bahan:
80 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
1 sendok teh baking powder
6 butir telur
100 gr gula pasir
80 gr margarin, dicairkan

Cara Membuat:
1. Kocok telur dan gula hingga putih mengembang.
2. Matikan mixer, aduk dengan spatula sambil memasukkan campuran tepung terigu, maizena dan baking powder sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
3. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit hingga tercampur rata di seluruh adonan.
4. Tuang adonan ke dalam loyang dengan diameter 24 cm, yang sebelumnya telah diolesi dengan mentega dan dan ditaburi terigu, agar adonan tidak lengket.
5. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius selama kurang lebih 40 - 45 menit.
6. Angkat dan keluarkan dari loyang, setelah hangat cake dibalik dan biarkan hingga dingin kemudian dipotong-potong.

kompas musafir
(Sumber foto: dapur-squ.blogspot.com)

Resep sebelumnya: Gulai lemak khas padang

0 comments