Lapis Putih Telur Warna-Warni, Cake Spesial di Hari Lebaran

Pagi sobat blogger, tidak terasa lebaran sudah semakin dekat. Tentunya sobat bloger sudah membuat berbagai macam jenis kue kering kan! Kadang kalau membuat kue kering putih telur tidak terpakai. Sekedar informasi nih sobat bloger, putih telur bisa dimanfaatan juga loh untuk membuat cake, namanya Lapis Putih Telur Warna-Warni, tidak ada salahnya kan membuat cake ini daripada putih telurnya terbuang percuma atau cuma digoreng, selain itu dapat juga dijadikan menu spesial saat lebaran, silahkan dilihat cara membuatnya seperti berikut ini:

Bahan:
220 gr tepung terigu
1 sendok teh baking powder
10 putih telur
200 gr gula pasir halus
1 sendok teh cream of tartar
50 cc santan kental
50 cc minyak
pewarna hijau dan merah muda secukupnya
cetakan persegi panjang atau loaf, alasi dengan kertas roti dan olesi dengan mentega

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu dan baking powder hingga rata. Tuang minyak dan santan,aduk hingga rata, sisihkan.
2. Kocok putih telur hingga sedikit bebusa. Tambahkan cream of tartar, gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di kocok hingga kaku.
3. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata. Setelah itu, bgi adonan menjadi tiga bagian. Bagian pertama biarkan tetap berwarna putih, bagian kedua dan tig masing-masing berwarna merah muda dan hijau.
4. Tuang satu sendok sayur adonan putih ke dalam cetakan. Oven dengan api bawah selama 10 menit.Pindahkan ke api atas, oven hingga kecoklatan.
5. Keluarkan dari oven. Tekan-tekan dengan sisi bagian bawah mug hngga permukaan rata, tuang satu sendok sayur adonan merah muda, oven seperti warna putih di atas. Lalu tuang adonan hijau, lakukan hal yang sama sampai semua adonan habis.

kompas musafir
(Sumber foto: sajiankuliner.com)

0 comments