Lapis Legit Enak dan Praktis

Awalnya saya heran dengan kue Lapis Legit ini, pasti cara membuatnya sangat susah dan ribet karena tampilannya yang berlapis-lapis, sama herannya ketika melihat Bika Ambon khas Medan. Tetapi setelah melihat istri saya membuatnya, ternyata bahannya mudah hanya butuh kesabaran pada saat membakarnya. Jika membahas bumbu, ada satu bumbu spesial yang digunakan namanya bumbu spekuk (campuran antara kayu manis, pala, cengkeh dan kapulaga), tetapi sobat bloger tidak usah bersusah hati, ada kok yang dijual dalam kemasan praktis, tapi oleh istri saya dibuat sendiri dengan menggunakan resep yang didapatkannya dari internet, cara membuatnya dapat dilihat disini.

Bahan:
A. 500 gr margarin
    150 gr mentega
    350 gr gula halus
B. 40 butir kuning telur
C. 2 sendok makan tepung terigu
     5 sendok makan susu kental manis
     1/2 sendok teh bumbu spekuk
Bahan C ini dicampur jadi satu

Cara Membuat:
1. Kocok bahan A sampai putih atau mengental kurang lebih selama 35 menit. Masukkan kuning telur satu per satu, kemudian aduk rata. Setelah itu, masukkann bahan C aduk sampai rata kembali.
2. Siapkan oven panas bawah. Tuangkan kurang lebih 3 sendok makan adonan lapis legit ke dalam loyang yang telah dialasi kertas roti. Bakar sampai matang, keluarkan dan tekan-tekan.
3. Tuangkan 2 sendok makan adonan, bakar dengan panas atas kemudian ulangi seperti langkah 2, lakukan hingga adonan habis.

kompas musafir

0 comments