Randang Daging

Ini dia masakan orang minang yang terkenal itu, "RANDANG DAGIANG". bahkan ketenarannya sampai ke planet Saturnus, hehe..
Sekedar mengingatkan jika pada postingan sebelumnya kita sudah membahas resep Ikan Asam Padeh.  Nah untuk kali ini sobat saya akan membagikan resep Rendang Daging. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat rendang bukan hanya dari daging sapi atau pun bagian sapi lainnya tetapi dapat juga menggunakan ikan, cumi, telur bahkan yang vegetarian dapat juga menikmati rendang yang terbuat dari sayuran seperti nangka, ubi dan lain-lain. Untuk kali ini kita akan membuat rendang dengan bahan dasar daging sapi, berikut cara membuatnya:

Kompas Musafir
(sumber foto: rendang-datuakawet.blogspot.com)
Bahan:
1 kg daging has dalam
1000 cc santan dari 5 butir kelapa kering yang sedang besarnya.
75 gr cabai merah giling
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit
5 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, geprek

Bumbu halus:
1,5 sdm ketumbar
1/2 sdt jintan
5 buah cengkeh
2 ruas jari kayu manis
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
lengkuas, jahe, kencur, dan kunyit masing-masing satu ruas jari
garam secukupnya

Cara membuat:
1. Cuci daging sampai bersih, rebus sebentar dalam air yang sudah mendidih, angkat dan siram dengan air  dingin, potong-potong melebar dan tipis setebal 1/2 cm.
2. Siapkan wajan, masukkan santan, bumbu halus, cabai giling, daun salam, daun kunyit, daun jeruk, dan serai, aduk sampai rata
3. Masak di atas api kecil (baiknya masak di tungku kayu) sambil terus diaduk-aduk sampai santan mendidih dan tinggal setengahnya. Masukkan potongan daging lalu aduk
4. Masak terus sambil diaduk-aduk sampai santan dan daging mengering serta berminyak dengan warna kecoklatan. Angkat! (lama memasaknya kurang lebih 8 jam)



0 comments