Kue Lumpang

Halloo sobat bloger, tidak lama lagi nih kita akan memasuki bulan puasa. Alangkah baiknya jika kita mempersiapkan menu-menunya dari sekarang. karena itu, saya akan bagikan banyak resep untuk menu buka puasa dan sahur. Selain resep Puding Roti Susu, resep yang akan saya bagikan kali ini adalah resep Kue Lumpang, yang merupakan resep tradisional Indonesia.

Bahan:
125 gram tepung beras
100 gram gula pasir
100 ml santan
1 sendok makan air kapur sirih
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh pasta pandan
pewarna makanan hijau muda secukupnya
mangkuk kecil sebagai cetakan kue lumpang, jika sobat bloger punya yang keramik lebih bagus lagi!

Pelengkap:
100 gram kelapa parut kasar
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat:
1. Campur tepung beras, gula dan garam. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni hingga  adonan larut dan tercampur rata serta halus
2. Tambahkan kapur sirih, aduk rata. Kemudian tambahkan pasta pandan, aduk hingga tercampur rata kembali. Tambahkan pewarna makanan hijau muda jika adonan masih pucat
3. Didihkan air dalam panci kukus di atas api sedang. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak goreng hingga hampir penuh.
4. Kukus kurang lebih selama 45 menit hingga kue matang yang ditandai dengan munculnya cekungan di bagian tengah kue. Angkat kue dan keluarkan dari cetakan.
5. Untuk parutan kelapa : campur bahan menjadi satu hingga rata, kukus sebentar kurang lebih 5 menit agar lebih tahan lama. Dinginkan pada suhu ruangan. 
6. Hidangkan kue lumpang dengan taburan parutan kelapa di atas atau di seluruh bagian kue.

kompas musafir
(Sumber foto : balikue.com)

0 comments