Cara Membuat Lontong Daun

Sobat bloger tau kan ketupat?, syukurlah kalau tau! makanan dari beras yang dimasukkan ke dalam daun kelapa muda yang bentuk sedemikian rupa kemudian direbus. Kadang ibu-ibu nih suka malas buat ketupat, selain ribet, cara masak yang benar juga jarang tau, daripada ribet buatnya mending buat yang lebih gampang, enaknya juga sama. Lontong, alternatif pengganti ketupat ini bisa juga dimakan dengan opor ayam.

Ada beberap macam cara membuat lontong, misalnya lontong daun, lontong plastik dan lontong cetak. Nanti saya uraikan satu per satu cara membuatnya khusus untuk sobat bloger sekalian. Untuk langkah awal kita akan belajar membuat Lontong Daun, berikut cara membuatnya.

Bahan :
1/2 liter beras pulen (pilih yang berasnya keras), cuci dan tiriskan
2 liter air
garam secukupnya
daun pisang secukupnya, potong dengan ukuran 22 cm x 18 cm

Cara Membuat :
1. Siapkan panci, rebus beras dengan air yang telah diberi garam sampai beras menjadi aronan. Jangan lupa sewaktu-waktu harus diaduk, kemudian angkat
2. Tumpukkan dua lembar daun pisang secara bolak balik , kemudian gulung dengan diameter 3 cm, semat salah satu ujungnya dengan lidi, kemudian isikan beras aron sampai penuh. Semat ujung satunya lagi dengan lidi, kerjakan sampai beras habis
3. Susun lontong dalam panci kemudian isi dengan air sampai terendam, lalu rebus sampai matang, atau kurang lebih satu setengah jam. Angkat dan tiriskan.

Tips: ketika didinginkan usahakan agar lontong tegak berdiri agar sisa air keluar dari lontong sehingga lontong akan lebih kenyal dan tidak lekas rusak.

kompas musafir
( Lontong Daun, Sumber foto : resepmasakanid.blogspot.com )

0 comments