Tradisi Manjalang Mamak Diminang Kabau.

kompas musafir
Dharmasraya – Kendati masa libur lebaran telah berlalu, tidak menurunkan niat petinggi suku di nagari Pulau Mainan, Dharmasraya untuk melakukan kegiatan rutin di penghujung masa lebaran, kegiatan Manjalang Mamak dimana kegiatan ini melibatkan seluruh ninik mamak dan kemenakan.

Jumat (31/08) lalu sekitar seratus orang dari suku Melayu menggelar kegiatan Manjalang Mamak di salah satu rumah di nagari pulau mainan, acara berlangsung dari pukul 14.30 WIB hingga Magrib, disamping para ninik mamak seluruh anak kemenakan juga menghadiri kegiatan tersebut, kegiatan Manjalang Ninik mamak berlangsung dengan meriah, dimana para ninik mamak memberikan nasehat langsung kepada para kemenakan atas tingkah laku mereka yang tidak sesuai dengan adat istiadat.

Sabirin (49) salah seorang ninik mamak suku melayu, dalam penyampaiannya mengatakan bahwa kesempatan bertatap muka secara langsung dengan anak kemenakan dalam momen tersebut, merupakan kesempatan yang baik untuk memberi tunjuk-ajar kepada anak kemenakan.

“Manjalang Mamak merupakan kegiatan tahunan setelah bulan Ramadhan usai, dalam kesempatan ini para ninik mamak menyampaikan nasehat kepada anak kemenakan, bahkan ada pula yang nasehat itu langsung ditujukan kepada individu, jadi tidak ada yang bersifat pilih kasih disini, yang salah menerima kesalahannya”, ungkap Sabirin.

Setelah selesai semua penyampaian Acara manjalang mamak ditutup dengan bermaaf-maafan kemudian panjat pinang, tampak anak kemenakan dari suku Melayu berpacu memanjat sebatang pinang yang telah di sediakan sebelumnya.

Syafrizal salah seorang ninik mamak suku melayu kepada sumbaronline juga menyampaikan, bahwa kegiatan manjalang mamak ini di kenagarian Pulau Mainan berlangsung untuk semua suku minang yang ada di nagari tersebut.

“Bukan saja suku melayu yang menggelar kegiatan ini, tapi suku minang lain yang berada di kenagarian Pulau Mainan juga melaksanakan kegiatan ini, setelah semua suku selesai melaksanakan kegiatan Manjalang Mamak ini akan di tutup pula dengan perhelatan Nagari, Insya Allah akan dilaksakan dalam bulan Agustus mendatang”, jelas Syafrizal. (ZA)

0 comments