Sate Padang


kompas musafir

Kalian pasti pernah makan sate? apalagi saya, walaupun begitu saya paling malas untuk menulis resepnya, karena bumbunya hanya yang itu-itu saja, bumbu kacang. Akan tetapi ketika pertama kali ke padang saya disuguhkan salah satu masakan khas padang, yaitu sate padang. Awalnya agak ragu karena dari tampilannya, sangat 'lucu', bahasa yang saya gunakan ketika melihat sesuatu yang baru, karena sate ayam padang berbeda dengan sate ayam yang biasanya saya makan, khususnya dari segi saus yang digunakan, kalau selama ini kita kenal sate berbumbu kacang, nah untuk sate padang ini berbeda, tidak menggunakan bumbu kacang sama sekali tetapi saus atau kuahnya dari campuran tepung, silahkan dicoba pasti akan ketagihan karna saya saja yang berlidah sulawesi cocok dengan masakan yang satu ini.

Bahan:
1 kg daging ayam
1,5 L air
1 lembar daun kunyit
2 cm lengkuas, memarkan
4 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
3 cm asam kandis
1 sendok teh garam
bawang goreng, sebagai taburannya.

Untuk sausnya, Campur rata:
25 gram tepung beras
1 sendok makan tepung sagu

Haluskan:
8 buah cabai keriting
1 sendok teh ketumbar bubuk
1/2 sdt lada
1/4 sdt jinten
6 buah bawang merah
1 sdt kari bubuk
2 cm kunyit
2 cm jahe
2 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Rebus daging.bumbu halus, daun kunyit, lengkuas, daun jeruk, serai, asam kandis, garam, masak hinga daging empuk. angkat, tiriskan.sisihkan air kaldunya. tusuk dagingnya dan panggang di atas bara api dan diolesi minyak hingga matang.
2. Panaskan air kaldu, tambahkan air 500 ml, didihkan. masukan campuran tepung beras dan sagu, aduk rata dan mengental.
3. Ambil selembar daun pisang yang telah dipotong,sesuaikan dengan lebar piring, letakkan beberapa tusuk sate, kemudian siram dengan kuah sausnya, dan taburi bawang goreng sebagai pelengkap.

0 comments