Sejarah Candi Padang Roco dimata generasi muda dipertanyakan.

kompas musafir
(candi padang roco. dharmasraya kingdom)

Pemerintah telah berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata daerah, sebagaimana yang telah ditetapkan UUD No.22 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah dan UUD No. 25 tahun 1999 tentang pengembangan pariwisata daerah. Meskipun akses jalan ke candi Padang Roco saat ini secara bertahap mulai di lakukan, hal itu tidak membuat generasi muda Dharmasraya mengetahui lebih banyak tentang peninggalan sejarah di daerah mereka sendiri.
Candi  padang  roco merupakan peninggalan dari KerajaanHindu-Budha yang terletak di jorong Sungai Lansek tepatnya beradasetelah pemukiman penduduk Siluluk. Candi ini terdiri dari tiga bangunan candi dari batu bata yang sekarang sudah dipagar, yaitusebuah candi induk dan dua lainnya candi perwara. Candi induk yangpaling tinggi hanya bersisa 90 cm. Ukuran candi yang terbesar 20 mx 20 m dan yang terkecil 8 m x 8 m  
Areal kompleks candi cukup luas,  500 m x 500 m. Luas areal ini dibuktikan dengan temuan parit segi empat selebar 4-8 m dengan dalam 1-5 m di sekeliling lokasi. Beberapa ahli memperkirakan lokasi pusat Kerajaan Dharmasraya adalah di Padang Roco.
Ilham salah seorang pelajar di SMK 1 sitiung, ketika ditanya tentang keberadaan candi Padang Roco, kepada Dharmasraya Ekspres mengatakan “Saya Cuma tahu nama candinya saja pak, kalau tak salah namanya Candi Padang Roco, saya pernah melihat papan namanya di Simpang Empat Koto Baru, tapi saya belum pernah kesana pak”, ungkapnya.
Demikian juga halnya dengan Asril seorang pemuda nagari Siguntur, kepada Dharmasraya Ekspres mengaku tak tahu banyak tentang sejarah candi Padang Roco, “Wah saya kurang tahu pak, saya sendiri belum pernah kesana, yang saya tahu disini ada kerajaan juga kerajaan Siguntur”, ungkapnya.
Redi Mahasiswa STKIP padang asal Pulau Punjung sebagai putra daerah Dharmasraya kepada Dharmasraya Ekspres mengatakan, “saya sangat menyayangkan teman-teman generasi muda terkesan melupakan peninggalan sejarah yang ada di Dharmasraya ini”, ungkapnya.

0 comments